Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo saat memimpin tes urine di Terminal Bunder

Positif Narkoba Sopir Bus Diamankan Petugas Gabungan

Loading

GRESIK (Independensi.com) – Petugas gabungan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) serta Satlantas Polres Gresik Jawa Timur, mengelar tes urine pada para sopir bus yang berada di Terminal Bunder Gresik, Selasa (17/12).
Dalam kegiatan tersebut, setidaknya ada belasan sopir yang terjaring untuk menjalani tes urine. Untuk memastikan mereka tidak sedang mengunakan obat-obatan terlarang (narkoba) maupun menkonsumsi alkohol.
Hasilnya ada satu orang sopir bus Indonesia jurusan Surabaya Semarang, diamankan petugas. Karena, hasil tes urinenya yang bersangkutan positif mengunakan narkoba.
Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, yang memimpin kegiatan membenarkan jika ada seorang sopir bus yang diamankan akibat terindikasi konsumsi narkoba.
“Pada kegiatan tes urine yang dilaksanakan petugas gabungan di Terminal Bunder Gresik, kita mengamankan Sugi P (35) seorang sopir bus Indonesia jurusan Surabaya Semarang. Karena, yang bersangkutan positif memakai narkoba jenis sabu,” ujarnya, Selasa (17/12).
“Akibat sopirnya positif narkoba berdasarkan tes urine, maka minta pihak pemilik armada bus Indonesia. Untuk mengirim sopir penganti, demi keselamatan para penumpang sampai tujuan,” tuturnya.
Menurut Kapolres, bahwa Sugi P yang merupakan warga Rembang Jawa Tengah kepada petugas mengaku sudah mengkonsumsi sabu sejak 7 hari yang lalu.
“Pengakuan sopir yang positif narkoba, dari hasil tes urinenya itu. Akan kita ditindaklanjuti, apalagi yang bersangkutan sudah 7 hari mengunakan sabu saat membawa bus. Tentu ini sangat membahayakan dan tidak boleh dibiarkan. Karena, menyangkut nyawa orang banyak,” tukasnya.
“Kegiatan ini, kami laksanakan dalam rangka bakti sosial bagi penguna jalan khususnya. Agar tidak ada yang menyalahgunakan narkoba maupun mengkonsumsi alkohol. Bahkan, jika kami temukan pengendara yang sedang sakit. Tentunya juga akan kami tangani, dengan memberikan obat yang dibutuhkan,” tandasnya.
“Target kegiatan ini, untuk memastikan para pengendara angkutan umum. Bebas dari pengaruh alkohol maupun narkoba. Jelang libur natal dan tahun baru (nataru), menginggat beberapa hari kedepan kita akan melaksanakan oprasi lilin semeru,” pungkasnya. (Mor)