Joanne Lynn Hartono (Dwi Ari Setyadi)

Joanne Jaga Gengsi Tuan Rumah

Loading

BANDUNG (IndependensI.com) – Kendati menjadi tuan rumah tidak membuat petenis Bandung mampu mendominasi Kejuaraan Nasional MedcoEnergi FIKS Sportama Junior Tennis Open 2019. Bahkan hanya Joanne Lynn Hartono yang masih berpeluang menjaga gengsi Kota Kembang untuk meraih gelar juara turnamen diakui PP Pelti berkategori J2 ini.

Unggulan teratas tunggal putri KU 14 itu berhasil melaju ke semifinal setelah menyisihkan wakil Depok, Zelda Gracia Mutaqqin 6-0, 6-2. Pada babak empat besar, Joanne bakal terlibat bentrok dengan petenis asal Malang, Zoefanka Saputra.

“Rekor pertemuan, saya masih unggul 3-2 atas Zoelfanka. Namun pada pertandingan terakhir di Jakarta, Oktober lalu saya kalah darinya,” tutur Joanne usai laga perempat final di lapangan outdoor Siliwangi Bandung, Kamis (19/12/2019).

“Dulu kurang fokus dan terlambat panas karena menggunakan format pro set. Sekarang berusaha membalas kekalahan itu dan lolos ke final,” lanjut belia kelahiran 17 April 2007 ini.

Partai semifinal tunggal putri KU 14 lainnya akan menyuguhkan laga antara petenis kidal, Lailatul Fajria dari Banjarmasin (Kalimantan Selatan) dengan wakil Serang (Banten), Cylova Zuleyka Hukmasabiyya.

Sayangnya andalan tuan rumah yang juga menempati seeded teratas tunggal putri KU 12, Anjani Kirana Junarto harus mengakui keunggulan wakil ibu kota, Novita Gita Purwasih. Anjani kalah dari unggulan ketiga itu dengan skor tipis 7-9.

Namun demikian, Anjani sedikit terhibur karena berhasil lolos ke babak puncak nomor ganda berpasangan dengan Saqila Rahma asal Banjarnegara.

Di final, duet unggulan ketiga itu bakal meladeni pasangan DKI, Catelyn Isman dan Novita Gita Purwasih. Pada Jumat (20/12/2019), turnamen tenis junior tertua di Tanah Air ini bakal menyajikan pertarungan puncak tunggal dan ganda KU 10 dan 12 putra putri serta KU 16 putri di lapangan tenis outdoor Taman Maluku Bandung.

“Semua partai final bakal seru karena kekuatan petenis dari berbagai kota di Indonesia semakin merata,” tutur Direktur Turnamen MedcoEnergi FIKS Sportama Junior Tennis Open 2019, Meiske Wiguna.