Susi Susanti. (Dok/Ist)

PBSI Umumkan Pelatih Tahun 2020

JAKARTA (Independensi.com) – Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) secara resmi mengumumkan sebanyak 25 pelatih Pelatnas PBSI untuk tahun 2020. Masih sama seperti tahun sebelumnya, lima sektor yang ada dibagi menjadi dua level, yaitu utama dan pratama. Kepala pelatih utama akan didampingi satu asisten dan pelatih pratama juga didampingi oleh satu asisten.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Susi Susanti, tak banyak perubahan yang dilakukan. Salah satu perubahan itu terjadi pada susunan pelatih dari sektor tunggal putri yang kini dikepalai oleh Rionny Mainaky, menggantikan Minarti Timur.

“Kami mencoba untuk mengubah susunan agar bisa fokus dengan target masing-masing. Untuk tunggal putri, saya berharap Rionny fokus memegang atlet yang prioritas ke Olimpiade 2020,” kata Susi seperti dikutip dari Antara, Selasa (7/1/2019).

Minarti Timur kini dipercaya menjadi pelatih pratama sektor tunggal putri dengan harapan dapat mempersiapkan atlet-atlet junior dengan sebaik mungkin dan menciptakan juara-juara baru.

“Dulu, Minarti bisa mengantarkan Gregoria Mariska Tunjung jadi juara dunia junior. Jadi, saya harapkan Minarti bisa mempersiapkan di sektor junior lagi. Saya ingin Minarti bisa memegang atlet junior dan menciptakan juara baru lagi,” ujar Susy.

Lebih lanjut, dia pun berharap pembagian tugas di level utama dan pratama kali ini bisa berlangsung lebih optimal. Masing-masing pelatih diharapkan bisa bertanggung jawab terhadap perkembangan atlet-atlet yang dilatihnya.

“Pelatih utama akan fokus untuk persiapan Olimpiade, dibantu asistennya yang juga mempersiapkan pemain pelapis. Sedangkan pelatih pratama fokus mempersiapkan atlet-atlet muda untuk menghadapi Asia Junior Championships dan World Junior Championships,” ungkap Susy.

Berikut susunan pelatih Pelatnas PBSI tahun 2020.

Tunggal Putra Utama:

1. Hendry Saputra Ho
2. Irwansyah (Asisten)

Tunggal Putra Pratama:

1. Jeffer Rosobin
2. Harry Hartono (Asisten)

Tunggal Putri Utama:

1. Rionny Federik Mainaky
2. Herli Djaenudin (Asisten)

Tunggal Putri Pratama:

1. Minarti Timur
2. Morico Harda (Asisten)

Ganda Putra Utama:

1. Herry Iman Pierngadi
2. Aryono Miranat (Asisten)

Ganda Putra Pratama:

1. Thomas Indratjaja
2. David Yedija Pohan (Asisten)

Ganda Putri Utama:

1. Eng Hian
2. Chafidz Yusuf (Asisten)

Ganda Putri Pratama:

1. Rudy Gunawan Haditono
2. Anggun Nugroho (Asisten)

Ganda Campuran Utama:

1. Richard Leonard Mainaky
2. Nova Widianto (Asisten)

Ganda Campuran Pratama:

1. Amon Sunaryo
2. Vita Marissa (Asisten)

Pelatih fisik:

1. Ary Bayu Marta
2. Ari Subarkah
3. Ricky Susiono
4. Yansen Alpine
5. Iwan Hermawan