Dirjen Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo menandatangani prasasti kantor Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin

Dirjen Hubla Resmikan 6 Kantor Disnav dan 3 Menara Suar

Loading

BANJARMASIN (Independensi.com) Guna mengoptimalkan pelayanan publik, sebanyak 6 gedung kantor dan 3 Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) berupa menara suar diresmikan.

Peresmian fasilitas tersebut dilakukan secara serentak oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Sabtu (18/1).

Adapun 6 gedung kantor dan 3 menara suar yang diresmikan tersebut berada di 7 (tujuh) lokasi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yaitu Gedung Kantor Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin, Gedung Kantor Distrik Navigasi Kelas II Semarang, Gedung Kantor KSOP Kelas IV Panarukan, Gedung Kantor UPP Kelas III Nusa Penida, Gedung Kantor UPP Kelas III Satui, Gedung Kantor UPP Kelas III Kintap beserta fasilitas pelabuhan Pelaihari serta 3 (tiga) Menara Suar di wilayah Distrik Navigasi Kelas II Kupang.

Selain kesembilan bangunan tersebut, Agus juga meresmikan Masjid Pangeran Diponegoro yang berada di lingkungan kerja UPP Kelas III Kintap.

Menurut Agus peresmian secara serentak ini dilakukan agar lebih efektif dan efisien guna mengoptimalkan pelayanan publik yang sudah berlangsung baik selama ini.

“Beberapa gedung kantor Perhubungan Laut masih ada yang kurang layak, jadi pelan-pelan dibangun supaya lebih bagus dan pantas untuk pelayanan umum. Insya Allah tahun depan perbaikan dan pembanguna akan dibangun di lokasi-lokasi lainnya,” kata Agus dalam sambutan peresmian di Kantor Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin,

Bangunan yang diresmikan di dibangun menggunakan anggaran APBN. “Gedung ini dibangun dengan uang negara tolong dirawat sebaik-baiknya dan juga layani masyarakat sebaik-baiknya agar ekonomi tumbuh,” imbuhnya.

Selain meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dirjen Agus juga minta kepada seluruh jajarannya untuk membantu kelancaran kegiatan berusaha di pelabuhan secara maksimal, termasuk mempermudah perizinan.

Pihaknya akan mendukung sepenuhnya seluruh daerah yang dilayani perhubungan laut. Karenanya dibutuhkan dukungan dari seluruh pihak, termasuk dalam penegakan law enforcement.

“Law enforcement itu sangat penting

Sementara itu, Direktur Kenavigasian Basar Antonius dalam laporannya menyebutkan bahwa infrastruktur yang diresmikan hari ini dibangun dengan APBN Tahun 2019.

“Dengan rampungnya pembangunan sejumlah infrastruktur perhubungan laut ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pelayanan Ditjen Perhubungan Laut kepada masyarakat serta mampu memberikan manfaat yang besar khususnya dalam peningkatkan keselamatan pelayaran,” ucap Basar.

Berikut adalah data teknis bangunan yang diresmikan hari ini :

1) Gedung Kantor Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin dengan luas sebesar 1.026,24 m²;
2) Gedung Kantor Distrik Navigasi Kelas II Semarang (758,264 m²);
3) Gedung Kantor KSOP Kelas IV Panarukan (456,56 m²);
4) Gedung Kantor UPP Kelas III Nusa Penida (365 m²);
5) Gedung Kantor UPP Kelas III Satui (348 m²);
6) Gedung Kantor UPP Kelas III Kintap (115,2 m²) beserta Pelabuhan Pelaihari yang dilengkapi dengan fasilitas pelabuhan seperti causeway, trestle, dermaga, gudang dan lapangan penumpukan;
7) Menara Suar Kupang dengan tinggi 54 meter;
8) Menara Suar Tanjung Sasar (85 meter);
9) Menara Suar Pulau Batik (120 meter);
10) Masjid Pangeran Diponegoro di wilayah UPP Kintap (230,3 m²). (hpr)