Mudik Gratis dengan Kapal Laut Dilepas Meneg BUMN

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – KM Dobonsolo yang mengangkut 1.109 orang penumpang termasuk diantaranya 470 orang peserta mudik gratis, 416 orang peserta biasa dan 216 unit sepeda motor tujuan Semarang dan Surabaya, dilepas Menteri BUMN, Erick Thohir dari derm pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pukul Selasa (26/4)

Kapal KM. Dobonsolo beroperasi sesuai dengan trayek dan jadwal operasinya. Hanya saja, pada masa periode lebaran tahun ini diberikan tugas layanan tambahan dengan memuat peserta mudik motor gratis tujuan semarang dan surabaya.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha yang dalam hal ini mewakili Plt Dirjen Perhubungan Laut saat mendampingi Menteri BUMN mengatakan bahwa setelah 2 tahun dilakukan pembatasan mudik, maka tahun ini sesuai arahan Presiden RI, masyarakat diperbolehkan untuk melakukan perjalanan mudik dengan semua moda transportasi, tentunya dengan tetap
menerapkan protokol kesehatan karena pandemi belum sepenuhnya selesai.

Berdasarkan hasil survey Badan Litbang Perhubungan diprediksi sebanyak 85,5 juta orang akan melakukan perjalanan mudik lebaran 2022, dan sebanyak 1.400.000 orang diprediksi akan bepergian menggunakan transportasi laut atau naik sebanyak 234% dari tahun 2021.

Program mudik gratis ini khusus ditujukan untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Penggunaan sepeda motor untuk mudik memang masih cukup tinggi dan diminati oleh masyarakat karena berbagai alasan kemudahan.

Padahal, penggunaan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh memiliki potensi kecelakaan lalu lintas yang cukup besar, sehingga dapat membahayakan keselamatan pemudik.

“Untuk itu, Pemerintah mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor saat mudik Lebaran. Kami meminta agar pemudik dapat menggunakan angkutan umum, atau fasilitas mudik gratis, baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah, BUMN, maupun swasta, salah satunya program mudik gratis naik kapal laut ini,” ujar Arif.

Tahun ini program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut melayani rute Jakarta – Semarang – Surabaya untuk 2 (dua) kali keberangkatan (voyage) arus mudik, yakni tanggal 26 April 2022 dengan KM. Dobonsolo dan tanggal 29 April 2022 dengan KM. Ciremai, serta 2 (dua) kali voyage arus balik tanggal 11 Mei 2022 dengan KM. Dobonsolo dan tanggal 9 Mei 2022 dengan KM. Ciremai.

“Sesuai dengan slogan mudik lebaran tahun 2022 ini, yaitu “Mudik Aman, Mudik Sehat”, mari kita dukung bersama kegiatan ini disertai harapan semoga mudik tahun ini berjalan lancar, aman dan semua dalam keadaan sehat serta akan meningkatkan kelancaran lalu lintas angkutan jalan raya, juga mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas,” ujar Arif.

Sebagai informasi, penumpang mudik gratis dapat menikmati fasilitas yang tersedia di atas kapal laut.

Untuk di KM. Dobonsolo sendiri memiliki fasilitas yang lengkap seperti sarana ibadah, cafetaria, sarana hiburan, sarana permainan bagi anak-anak, dan tentu saja dilengkapi dengan alat keselamatan seperti lifeboat sekoci, rakit penolong dan pelampung sesuai kapasitas. Dan yang lebih menarik, akan ada Doorpize yang bisa didapatkan oleh pemudik, termasuk fasilitas buka puasa dan sahur gratis di atas kapal. (hpr)