Ilustrasi. Ketum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri tengah menanam. (Ist)

Ultah Ke-73 Megawati, Karakter Pemimpin Yang Erat Dengan Hobi

Loading

JAKARTA (Independensi.com)  – Seluruh simpatisan, anggota, dan kader PDI Perjuangan hari ini berbahagia dan sekaligus berbangga penuh ucapan syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa, sehingga Megawati Soekarnoputri genap berusia 73 tahun.

“Sejak beberapa bulan yang lalu, Ibu Megawati telah memutuskan untuk tidak merayakan secara khusus. Namun ulang tahun ini menjadi momentum yang begitu penting bagi beliau untuk berkumpul dengan keluarga dan sahabat dekat,” kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto melalui keterangan persnya di Jakarta, Kamis (23/1).

Hasto menilai Megawati Soekarnoputri sosok dengan rekam jejak sejarah pemimpin paling lengkap.

“Pengalamannya lahir sebagai anak Presiden Soekarno, kemudian hidup sebagai rakyat biasa, dan akhirnya memilih politik sebagai jalan perjuangan mengantarkan beliau sebagai anggota DPR RI lebih dari 2 periode, wakil Presiden, Presiden kelima dan  tentu saja sebagai tokoh terpenting dalam perjuangan demokrasi melawan pemerintahan otoriter saat itu, hingga tercatat sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan dengan kepemimpinannya yang sangat kokoh dan visioner” paparnya.

Lebih lanjut Hasto menjabarkan  kuatnya kepemimpinan Megawati dan keteguhannya pada prinsip tidak terlepas dari hobi Megawati yang nampaknya sederhana, mencintai tanaman, namun menjadi ajang kontemplasi guna merawat kehidupan.

“Ibu Megawati begitu mencintai tanaman. Menanam adalah ekspresi mencintai bumi; ekspresi menjaga kehidupan dalam keseimbangan dengan alam semesta. Karena itulah menanam adalah gerak kontemplatif yang memancarkan kemanusiaan. Sebab tanaman menghasillan oksigen dalam fotosintesa dan oksigen ini penting bagi kehidupan” ungkap Hasto.

 

Ditangan Megawati sambung Hasto, politik tampil dalam wajah kemanusiaan untuk membangun peradaban.

“Selamat ulang tahun Ibu Megawati Soekarnoputri,” tutup Hasto.