Mantan Dirjen Imigrasi, Ronny Sompie. (Ist)

Pengganti Ronny Sompie Yang Dimutasi Yasonna Harus Berintegritas

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly memutasi Ronny Sompie dari posisi Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi. Langkah mutasi tersebut sebagai buntut keterlambatan informasi terkait kembalinya eks politisi PDI Perjuangan Harun Masiku ke Indonesia.

Pengamat Kebijakan Publik, Trubus Rahadiansyah mengingatkan, jabatan Dirjen Imigrasi ke depannya harus diisi dengan sosok yang memiliki leadership kuat, berintegritas, punya kompetensi, penguasaan serta memiliki karakter.

“Jadi karakter itu artinya tidak mudah tergoda oleh masukan atau bisikan apapun dan bahkan rayuan. Sudah bukan rahasia umum, banyak sekali bujuk rayu karena penyelundup banyak sekali. Sehingga dibutuhkan prinsip dan kepemimpinan yang kuat,” katanya, Jumat (31/1).

Sosok tersebut biasanya muncul dari seseorang yang berlatar belakang militer atau kepolisian seperti yang biasanya dilakukan.

Karena, lanjutnya, untuk menduduki jabatan itu harus punya keberanian dalam menghadapi situasi yang cukup dinamis dan butuh tantangan internal yang persaingan belum tentu sehat.

Ia mengingatkan agar posisi Dirjen Imigrasi jangan sampai diisi oleh orang-orang titipan. Jika tidak maka dikhawatirkan ke depannya justru akan menimbulkan polemik baru dan justru memudahkan berbagai upaya penyelundupan untuk masuk ke Indonesia.