Ketua DPC Demokrat Gresik Edi Santoso dan Ketua DPD Gerindra Gresik Asluchul Alif (foto tengah).

Cari Figur Demokrat Gresik Buka Penjaringan Bacabup 2020

GRESIK (Independensi.com) – DPC Partai Demokrat (PD) Kabupaten Gresik Jawa Timur, membuka pendaftaran penjaringan bakal calon bupati (Bacabup) dan bakal calon wakil bupati (Bacawabup) dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gresik 2020.

Ketua DPC Demokrat Edi Santoso mengungkapkan bahwa penjaringan bacabup dan bacawabup ini, sebagai bentuk menindaklanjuti intruksi DPP.

“DPP meminta DPC yang di wilayahnya akan mengelar Pilkada, agar membuka pendaftaran penjaringan bakal Kepala Daerah,” katanya saat membuka kegiatan, Minggu (2/2).

“Dalam kegiatan ini, siapapun bisa mendaftar untuk ikut penjaringan yang kami laksanakan mulai hari ini 2 hingga 20 Februari 2020 mendatang,” ujarnya.

Penjaringan dilakukan lanjut Edi, salah satunya untuk membangun koalisi dengan partai politik (parpol) lain. Sebab, partai yang dipimpinnya itu tidak bisa mengusung calonkan sendiri. Karena, hanya memiliki 4 kursi parlemen di Gresik.

“Untuk bisa mengusung calon yang akan maju dalam Pilkada Gresik 2020, kami harus berkoalisi. Karena itu, melalui penjaringan ini, kita berharap bisa menemukan parpol yang sevisi dan misi menjadikan Gresik kedepan semakin baik,” tandasnya.

Untuk diketahui, sesuai dengan ketentuan persyaratan yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Bahwa, parpol yang bisa memberangkatkan calon sendiri dalam perhelatan Pilkada 2020 minimal harus memiliki 10 kursi atau 20 persen suara.

Sementara, figur yang pertama mendaftarkan diri ke penjaringan Bacabup Gresik 2020 adalah Ketua DPD Partai Gerindra Asluchul Alif yang datang didampingi jajaran kepengurusan partai pimpinannya.

“Saya mendaftarkan diri, karena sudah ada ada komitmen antara Gerindra dan Demokrat Gresik Khususnya. Sebab, komunikasi bersama sudah kita wujudkan dengan koalisi bersama menghadapi Pilkada 2020,” tutupnya. (Mor)