Ilustrasi cabang olahraga Boccia. (Dok/Ist)

Pelatnas NPC Indonesia Tetap Berjalan

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – National Paralympic Committee (NPC) Indonesia menyebutkan, para atlet yang menjalani pelatnas pembinaan sebaiknya tetap berjalan meski kegiatan multievent ASEAN Para Games (APG) 2020 di Filipina, diundur lagi akibat wabah virus corona.

NPC Indonesia berharap program pelatnas APG tetap berjalan terus, sehingga tidak mengganggu performa para atlet dan opsi kedua atlet dipulangkan ke daerah masing-masing, “Kami menerima surat resmi pengunduran batas waktu hingga tidak ditentukan, kegiatan APG 2020 dari Presiden ASEAN Para Games Filipina (APSF) Osoth Bhavilai, pada Senin (10/2),” ucap Presiden NPC Indonesia, Senny Marbun seperti dikutip Antara, Selasa (11/2/2020).

Menurut Senny, pelaksanaan APG Filipina 2020, seharusnya digelar tanggal 18-24 Januari, kemudian mundur menjadi 21-27 Maret, tetapi sekarang diundur lagi dengan waktu hingga tidak terbatas

“Kami memaklumi kondisi di Filipina sekarang. Bahkan, tempat yang akan menjadi venue kegiatan digunakan untuk isolasi warga yang terkena wabah virus corona. Kami menunggu sampai kapan wabah virus corona itu, hingga reda untuk bisa melakukan fundamental untuk Indonesia,” kata Senny.

Sekjen NPC Indonesia Rima Ferdianto mengatakan, APSF menawarkan dua opsi seluruh negara peserta APG, pertama diundur dengan batas waktu yang tidak ditentukan, karena menghadapi virus corona tidak bisa diketahui kapan mereda, dan even harus terselenggara di Filipina, tetapi menunggu virus mereda.

Jika virus corona sudah mereda, kata Rima, Filipina mempunyai kewajiban harus memberitahukan ke negara-negara peserta se-Asia Tenggara 60 hari sebelumnya. Jadi diundurnya waktu September, maka mereka pada Juli harus sudah memberitahu kepada negara peserta akan diadakan September.

Selain itu, ada tambahan syarat dari peserta negara Thailand dan Singapura, bahwa batas akhir pengunduran pada September 2020. Apabila melampau bulan itu, Thailand dan Singapura tidak bisa ikut. Karena kedua negara ini, tidak bisa menganggarkan kegiatan setelah September.

Rima mengatakan, Presiden NPC Indonesia Senny Marbun sudah membalas surat pengunduran waktu even tersebut dengan memahami kondisi yang ada, dan situasi sekarang Indonesia juga setuju dengan opsi yang ditawarkan oleh APSF itu.

Rima mengatakan, untuk mengatasi hal tersebut, para atlet yang dipersiapkan APG 2020 akan dipulangkan sementara ke daerahnya. NPC sekarang sedang membahas kapan atlet dipulangkan dan kapan dipanggil kembali, sedangkan atlet persiapan Paralimpik Tokyo Jepang masih berjalan terus dan tidak ada yang pulang.

Atlet Paralimpik Tokyo terus latihan di Solo dan APG Filipina baru dibahas kapan dipulangkan dan dipanggil kembali. Jika mereka terlalu lama dipulangkan ke daerah akan mengganggu performa para atlet.