Ilustrasi. WNI asal Wuhan di Natuna. (Ist)

WNI Asal Wuhan Jangan Didiskriminasi

Loading

NATUNA (Independensi.com) – Anggota Komisi IX DPR RI Ribka Tjiptaning meminta masyarakat untuk tidak diskriminatif terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) yang sebentar lagi selesai menjalani proses observasi di Natuna pasca evakuasi dari Wuhan, Tiongkok.

Dia berharap masyarakat tidak menciptakan stigma buruk kepada mereka di kampung halamannya.

Hal tersebut disampaikan Ribka ketika  kunjungan lapangan Komisi IX DPR memantau kondisi WNI dari Wuhan di Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (13/2).

“Jangan biarkan mereka dijadikan komunitas sendiri, dimunculkan stigma yang macam-macam, itu yang bahaya. Tambah berbahaya lagi kalau mereka nanti pulang ada orang di sekitarnya yang meninggal, malah mereka yang disalahkan. Kalau ini terjadi, berarti belum clear masalah kita semua. Ini yang harus menjadi perhatian kita semua tentunya harus bisa memilah-milah informasi yang baik,” tutur Ribka.

Ribka juga meminta seluruh pihak terkait seperti TNI-Polri, Kemenkes, serta media untuk meluruskan hal tersebut ke arah yang lebih positif. Ia mendorong dilakukannya sosialisasi secara menyeluruh terhadap masyarakat bahwa Indonesia mampu memerangi virus Corona Covid-19 ini.

“Jadi tolong bantu mensosialisasikan ini. Di sini kita semua juga tidak kenapa-kenapa kok. Jadi jangan sampai nanti mereka nanti kebetulan ada orang mati karena jantung, itu dibilang gara-gara WNI dari Wuhan ini pulang. Kan tidak enak terstigma seperti itu. Ini yang kita mau buktikan, maka itu kami berdiri di sini Komisi IX DPR RI memastikan semua baik saja. Maka jangan ada lagi kita dengar berita Corona dipelintir-pelintir. Ayo coba bangun hal positif tentang Indonesia,” tegasnya.