Kepala Kejaksaan Negeri Medan Dwi Setyo Budi Utomo.(foto/ist)

Kejari Medan Siap Sidangkan Tiga Tersangka Kasus Pembunuhan Berencana Terhadap Hakim Jamaluddin

JAKARTA (Independensi.com)
Kejaksaan Negeri Medan siap menyidangkan tiga tersangka kasus pembunuhan berencana terhadap hakim Pengadilan Negeri Medan Jamaluddin dengan salah satu tersangka yaitu Zuraidah Hanum adalah istri muda dari korban sendiri.

Zuraidah dan dua tersangka yaitu Jefri Pratama dan Reza Pahlevi sebelumnya berikut barang-bukti telah diserahkan tim penyidik Polrestabes Medan, Sumatera Utara kepada tim Jaksa penuntut Umum (JPU) di Kejari Medan, Selasa (10/03/2020).

Kepala Kejaksaan Negeri Medan Dwi Setyo Budi Utomo mengatakan penyerahan tersangka berikut barang-buktinya atau tahap dua dilakukan setelah Tim JPU beberapa waktu lalu menyatakan berkas para tersangka sudah lengkap atau P21.

“Sudah lengkap baik secara formil maupun materil. Karena itu kami sudah siap menyidangkannya. Dan berkas para tersangka secepatnya juga akan kita limpahkan ke pengadilan,” kata Dwi Setyo kepada Independensi.com, Selasa.

Pelimpahan berkas para tersangka, katanya, akan dilakukan bersamaan dengan surat dakwaan yang kini mulai akan disusun tim JPU beranggotakan lima orang jaksa.

“Begitu selesai disusun, surat dakwaan dan berkas para tersangka kita limpah ke pengadilan dari pengadilan,” ucap Dwi Setyo. Dikatakannya terhadap para tersangka yang terancam hukuman maksimal mati tetap ditahan.

“Para tersangka kini kita titipkan di Rutan Tanjung Gusta Medan sambil menunggu penetapan waktu sidang,” katanya seraya menyebutkan Tim JPU yang ditunjuk untuk menyidangkan kasus pembunuhan tersebut adalah jaksa senior.

Tim JPU antara lain Jaksa Parada PT Situmorang (Kasi Pidum), M Yusuf (Kasi Intelijen), Mirza Erwinsyah (Kasi PBBBR), Chandra P Naibaho (Kasubsi Prapenuntutan), Kharya Saputra (Kasubsi BR) serta Nurhayati Ulfia (Jaksa Fungsional).

Seperti diketahui hakim Pengadilan Negeri Medan Jamaluddin ditemukan tewas di dalam mobil Toyota Land Cruiser Prado Nomor polisi BK 77 HD di jurang areal kebun sawit di Kutalimbaru, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (29/11).

Dari hasil penyidikan pihak Polrestabes Medan terungkap almarhum Jamaluddin menjadi korban pembunuhan yang diduga didalangi istri mudanya yaitu Zuraidah Hanum. Jamaluddin.(muj)