Gregoria melaju ke babak kedua. (Ist/badmintonindonesia.org)

Anthony dan Shesar Beda Nasib, Gregoria Melaju

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Pebulutangkis spesialis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Shesar Hiren Rhustavito berlaga di babak awal Allah England 2020 di Birmingham, Inggris, Rabu (10/3/2020) waktu setempat atau Kamis (11/3/2020) WIB.

Seperti dikutip dari Antara, Anthony yang merupakan pemain tunggal putra terbaik Indonesia saat ini ternyata harus pulang lebih cepat karena pada laga pertama kejuaraan level 1.000 ini menyerah pada wakil Denmark, Rasmus Gemke dengan skor 14-21, 18-21.

Hasil ini jelas pantas disayangkan mengingat Anthony datang ke Birmingham dengan status unggulan keempat. Apalagi kejuaraan ini juga sebagai ajang untuk mengumpulkan poin Olimpiade 2020 Tokyo, Jepang. Anthony menyusul rekannya di  pelatnas, Jonatan Christie yang juga pulang lebih cepat setelah menyerah pada pemain Malaysia, Lee Jii Zia dengan skor 15-21, 13-21. Pemain yang akrab dipanggil Jojo ini sebenarnya juga diharapkan meraih hasil terbaik karena datang sebagai unggulan kelima.

Sementara itu tunggal putra Indonesia lainya, Shesar Hiren Rhustavito terbilang cukup beruntung karena tidak harus menguras keringat untuk lolos ke babak kedua karena menang cepat atas Kashyap Parupalli. Wakil India itu harus mundur dari kejuaraan karena cedera pinggang pada kedudukan 3-0 di gim pertama.

Dengan kemenangan Shesar ada delapan wakil Indonesia berhasil melaju ke babak kedua All England Open 2020. Ganda putra dan ganda campuran sama-sama mengirimkan tiga wakil, sementara tunggal putra, tunggal putri dan ganda putri masing-masing memiliki satu wakil.

Selain Shesar Hiren Rhustavito ada Gregoria Mariska Tunjung juga menang cukup mudah dari Yeo Jia Min (Singapura). Butuh waktu selama 29 menit untuk akhirnya Gregoria merebut babak pertama, dengan skor 21-12, 21-17.

“Hari ini sebenarnya saya sudah siap untuk main ramai. Karena walaupun menang, poin kami masih mepet-mepet. Jadi tadi lebih siap di start awalnya,” kata Gregoria. Laga selanjutnya, Gregoria akan ditantang unggulan dua Tai Tzu Ying (Taiwan). Pertemuan ini merupakan yang keenam kalinya buat mereka. Gregoria sejauh ini belum berhasil mengantongi kemenangan.

Nomor Ganda

Kemudian dari sektor ganda putra, Indonesia mengirimkan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Lalu babak kedua ganda campuran Indonesia akan diwakili oleh Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja serta Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Wakil terakhir yang dipastikan lolos ialah Siti Fadia Silva Ramadhanti/Agatha Emanulla. Fadia/Ribka melaju tanpa kesulitan berarti dari Doha Hany/Hadia Hosny (Mesir), dua gim langsung 21-8, 21-11.

Ganda campuran Indonesia Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja optimistis menghadapi laga babak kedua turnamen All England Open 2020 melawan pasangan asal Prancis Thom Gicquel/Delphine Delrue.

Pertemuan kedua pasangan tersebut di Arena Birmingham, Inggris itu nanti akan menjadi yang pertama kali sebab mereka belum pernah bertemu di turnamen manapun sebelumnya. “Kami belum pernah lihat permainan mereka (Gicquel/Delrue). Jadi, kami akan fokus saja dengan permainan kami sendiri. Peluang menang itu terbuka. Mudah-mudahan kami bisa memanfaatkan peluang itu. Kami optimis,” kata Hafiz.

Sebelum melangkah ke babak kedua, pasangan Hafiz/Gloria lebih dulu menyingkirkan pasangan Inggris Chris Adcock/Gabrielle Adcock dalam tiga gim berdurasi 59 menit dengan skor 21-19, 17-21, 21-12 pada babak pertama.