Presiden Joko Widodo

Covid-19 Landa 189 Negara

JAKARTA (Independensi.com) – Pemerintah Republik Indonesia, Joko Widodo, mengaku, menerima laporan dari kedutaan besar kita di seluruh dunia melalui Menteri Luar Negeri, bahwa Corona Virus Disease-19 (Covid-19) telah menyebar di 189 negara.

Tiga negara yang baru terjangkit dua hari ini adalah Suriah, Grenada, dan Mozambik,” kata Presiden Joko Widodo di akun facebook Presiden Joko Widodo, Selasa sore, 24 Maret 2020.

Virus korona ini benar-benar pandemi yang sulit dicegah masuk ke satu negara, sampai ke daerah-daerah provinsi dan kabupaten.

Itulah sebabnya, ujar Presiden Joko Widodo, menangani Covid-19 kita semua harus satu visi, memiliki kebijakan yang sejalan.

“Saya telah meminta setiap provinsi, kabupaten atau kota menghitung dampak sosial ekonomi dan kesehatan dari setiap kebijakan pemerintah daerah seperti saat meliburkan sekolah, menutup kantor, juga pasar,” ungkap Joko Widodo.

Sebagai contoh, ketika satu kota hendak memutuskan kebijakan itu, agar dihitung pula berapa orang, berapa pedagang asongan, berapa becak, atau sopir yang akan tidak bekerja, dan lain-lain.

Sehingga, dukungan kepada mereka di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dalam bentuk bantuan sosial, juga dapat dihitung dan dialokasikan. (Aju)