Ketua FPSR Aris Gunawan (foto tengah) saat menyerahkan bantuan Sembako ke warga yang terimbas Covid-19

Peduli Dampak Covid-19, FPSR dan PP Gresik Salurkan Bantuan Paket Sembako

GRESIK (Independensi.com) – Pandemi covid-19 membuat kondisi ekonomi Indonesia khususnya Provinsi Jawa Timur babak belur. Banyak pabrik berhenti produksi dan pertokoan tutup. Hingga menimbulkan korban pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran.

 

Lebih parah lagi, beberapa sektor seperti sektor wisata dan transportasi juga kena imbasnya. Sehingga banyak masyarakat kehilangan mata pencaharian.

 

Menyikapi situasi itu, LSM Front Pembela Suara Rakyat (FPSR) yang dipimpin Aris Gunawan bersama Ormas Pemuda Pancasila (PP) Gresik melakukan kegiatan bhakti sosial untuk membantu masyarakat ekonomi rendah. Dengan memberikan bantuan beras kemasan 3 kg dan masker serta uang santunan kepada anak yatim piatu.

 

Ketua FPSR menyatakan, bantuan paket sembako dan masker itu berasal dari hasil sumbangan anggota FPSR dan PP serta beberapa donatur yang peduli terhadap korban PHK perusahaan dan masyarakat yang tidak mampu.

 

“Bantuan ini, kami didistribusikan ke masyarakat Gresik yang berhak menerima. Lewat metode penyaluran yang kami lakukan tiap hari dari desa satu ke desa lainnya,” ujarnya kepada Independensi.com, Senin (27/4).

 

“Dalam satu hari, setidaknya lebih dari 400 paket yang disalurkan dan desa yang kami sasar diantaranya. Desa Banyuurip di Kecamatan Kedamaean dan Desa Krikilan di Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik,” ungkapnya.

 

“Kegiatan sosial ini untuk menanggulangi penyebaran covid-19 di Kabupaten Gresik. Masyarakat biar bisa di rumah saja untuk mengurangi aktivitas di luar. Dengan demikian, penyebaran covid -19 bisa ditangkal,” tutur.

 

Di tambahkan Aris, pihaknya sengaja menyalurkan langsung ke desa-desa dengan melibatkan perangkat desa setempat. Seperti, Ketua Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW) agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran. Karena, mereka yang mempunyai data warga yang berhak mendapat bantuan.

 

“Bantuan ini, akan kami distribusikan tiap hari mulai 27 April hingga 15 Mei 2020 mendatang. Sehari paling sedikit menyalurkan 300 paket sembako ke sejumlah desa yang tersebar dibeberapa Kecamatan di Gresik,” tukasnya.

 

“Semoga dengan bantuan ini, bisa sedikit membantu saudara-saudara kita yang sedang ditimpa musibah selama pandemi Covid-19 terjadi. Dan semoga pandemi ini cepat teratasi sehingga situasi ekonomi masyarakat cepat pulih,” tutup Aris. (Mor)