Kerusuhan di Amerika Serikat

Rusuh, Pelanggaran HAM Terbesar di Dunia di Amerika Serikat

Loading

BEIJING (Independensi.com) – Kantor Berita Nasional China, Xinhuanet.com, mengklaim, berdasarkan data diperoleh, sebagian besar korban tewas akibat wabah Corona Virus Disease-19 (Covid-19) di Amerika Serikat, berasal dari warga masyarakat kulit hitam, sebagai akibat diskriminatif di dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat.

Tindakan pelanggaran Hak Azasi Manusia (HAM) terbesar di dunia, sekarang, justru terjadi di Amerikat Serikat, sebagai bukti tidakmampuan melindungi kelompok minoritas.

Xinhuanet.com, Kamis pagi, 4 Juni 2020, menyebutkan, kerusuhan meluas di Amerika Serikat, dampak dari kematian seorang warga kulit hitam, George Floyd di Kuntucky, Senin pagi, 1 Juni 2020, akibat dianiaya seorang polisi berkulit putih, salah satu bukti, Pemerintah Amerika Serikat telah bersikap diskriminatif dan rasis.

Dengan munculnya kerusuhan meluas, Amerika Serikat, dinasihati untuk berhenti mencampuri penegakan hak azasi manusia di negara lain, termasuk sudah tidak relevan lagi mencampuri sampai sejauh mana perlindungan terhadap kelompok minoritas di China.

Xinhuanet.com mengilustrasikan, selama beberapa dekade, catatan hak asasi manusia Amerika Serikat telah berubah dari buruk, menjadi lebih buruk, karena diskriminasi rasial yang terus-menerus, meningkatnya pelanggaran penegakan hukum, merebaknya kekerasan senjata api dan kesenjangan kekayaan yang menganga.

Di seluruh Amerika Serikat saat ini, orang Afrika-Amerika menghadapi risiko kematian yang lebih tinggi di tangan polisi karena warna kulit mereka. Menurut Mapping Police Violence, sebuah kelompok riset dan advokasi, orang Amerika Serikat kulit hitam 2,5 kali lebih mungkin dibunuh oleh orang kulit putih dari petugas penegak hukum.

Di seluruh Amerika Serikat saat ini, menurut Xinhuanet.com, orang kulit berwarna lebih cenderung meninggal selama wabah Covid-19 yang mematikan daripada populasi kulit putih.

Data terbaru yang dikumpulkan oleh APM Research Lab non-partisan mengungkapkan bahwa orang Afrika-Amerika sekarat pada angka 50,3 per 100.000 orang, dibandingkan dengan 20,7 untuk orang kulit putih.

Dan di seluruh Amerika Serikat, saat ini, kesempatan kerja yang sama masih di luar jangkauan bagi minoritas yang terjebak dalam pekerjaan bergaji rendah lainnya. Mereka merupakan 58 persen pekerja pertanian; 70 persen pembantu dan pembantu rumah tangga; dan 74 persen dari petugas, pengangkut barang, dan pelayan, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat.

Memang benar bahwa masalah-masalah itu sangat sulit untuk dipecahkan karena berbagai alasan termasuk politik negara yang semakin terpolarisasi. Namun para politisi dari kedua partai tampaknya telah kehilangan motivasi, kearifan dan kemampuan untuk mencapai perbedaan yang partisan dan membuat perbedaan menjadi lebih baik. Yang lebih meresahkan adalah bahwa Gedung Putih ini telah memperburuk keadaan.

Ketika pengunjuk rasa yang marah terus menyanyikan “Black Lives Matter” dan “I Can’t Breathe” di lebih dari 40 kota di Amerika Serikat, pemerintah saat ini memilih untuk tidak berkomunikasi dengan para demonstran tetapi mengadakan pertunjukan yang lebih kuat dengan ancaman pembakar.

Ironisnya adalah bahwa para politisi Washington yang bersumpah untuk menjadi tangguh ini adalah orang yang sama yang pernah dengan keras menuduh polisi Hong Kong melanggar hak asasi manusia karena melakukan pekerjaan mereka untuk menghentikan para perusuh bertopeng menghalangi jalan dan merusak properti publik dan pribadi di kota Cina.

Lebih jauh lagi, respons pandemi Covid-19 Gedung Putih ini telah menjadi bencana hak asasi manusia. Amerika Serikat sekarang secara tragis memimpin dunia dalam hal infeksi dan kematian.

Catatan hak asasi manusia Amerika Serikat tidak hanya terkenal di rumah tetapi juga mengerikan.

Amerika Serikat telah melakukan satu bencana HAM satu demi satu di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir. Itu membalikkan pemerintah di Irak dan membom warga sipil di Suriah dengan dalih mempromosikan apa yang disebut kebebasan dan demokrasi.

Itu telah mendeportasi orang tua imigran dan mengurung anak-anak mereka. Mereka menolak mencabut sanksi sepihak terhadap Kuba dan Iran, mencekik perjuangan mereka melawan pandemi.

“Pelaku hak asasi manusia terbesar di dunia tidak diragukan lagi Amerika Serikat,” tulis Xinhuanet.com.

Namun, beberapa politisi di Washington, dalam pengejaran mereka yang berdarah dingin tentang dominasi global Amerika, terus menggunakan hak asasi manusia sebagai alat politik untuk mencampuri urusan dalam negeri negara-negara lain, memperkenalkan kekacauan lebih lanjut dan ketidakstabilan di dunia krisis yang sedang tumbuh dan tantangan.

George Washington, presiden pertama Amerika Serikat, pernah menulis bahwa “pangkuan Amerika Serikat terbuka untuk menerima tidak hanya Orang Asing yang Mewah dan terhormat, tetapi orang yang tertindas dan dianiaya dari semua Bangsa dan Agama.”

Menurut Xinhuanet.com, jika Washington masih hidup hari ini, ia akan sangat sedih karena negaranya, alih-alih menjaga yang tertindas dan dianiaya, telah menjadi pengganggu terhadap rakyatnya sendiri dan di seluruh dunia. Administrasi Amerika Serikat, saat ini dan yang mengikuti harus mengunjungi kembali ajaran para pendiri Amerika. Mereka mungkin belajar satu atau dua hal. (Aju)