Aplikasi Samsat Rame yang dikembangkan Satlantas Polres Gresik Jawa Timur.

Pemohon Berkas Kendaraan Di Gresik, Kini Bisa Ajukan Via Aplikasi Samsat Rame

GRESIK (Independensi.com) – Satlantas Polres Gresik Jawa Timur, membuat inovasi yang diberi nama Samsat Rame (Samsat Ramah Merakyat). Sebagai sarana layanan untuk pengurusan atau pemohonan berkas administratif terkait kelengkapan berkas kendaraan bermotor. 

Seperti, mengurus plat nomor kendaraan, balik nama kendaraan maupun pembuatan BPKB yang tidak lagi dilakukan secara konvensional tetapi berbasis aplikasi via online.

Kasatlantas Polres Gresik AKP Erika Purwana Putra mengatakan, aplikasi Samsat Rame ini berisi sejumlah pelayanan. Sebagai bentuk inovasi yang dikembangkan pihaknya, sebagai solusi mencegah berkumpulnya orang dimasa pandemi Covid-19.

“Kalau biasanya masyarakat yang hendak membayar pajak, cek fisik kendaraan atau melakukan hal lainnya yang berhubungan dengan administratif kendaraan bermotor harus datang langsung ke Kantor Samsat. Kini mereka bisa langsung lakukan dari rumah, hanya dengan mengisi berkas dan mefoto berkas lalu diunggah via aplikasi Samsat Rame ini,” ujarnya, Selasa (14/7).

“Langkah baru ini, kami lakukan untuk memanfaatkan perkembangan teknologi digital yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Serta, demi menghindari kerumanan orang di masa pandemi Covid-19, agar mata rantai penyebarannya bisa diputus,” ungkapnya.

Sementara, Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto menyambut baik langkah baru yang dilakukan jajarannya. Bahkan, dirinya berharap layanan tersebut bisa menjadi yang terbaik untuk masyarakat.

“Terobosan ini, kami nilai sangat tepat  dalam situasi pandemi Covid-19 yang melarang adanya kerumunan massa atau orang banyak,” tuturnya.

“Cara konvensional sekarang ini, sudah tidak lagi efektif dilakukan. Perkembangan tehnologi sudah pesat dan memudahkan kita dalam berbagai hal, maka harus dimanfatkan. Misalnya,  kita pesan makanan bisa kita lakukan hanya melalui handphone lalu pesanan datang,” tukasnya.

“Dngan aplikasi ini kami berharap layanan kepada masyarakat bisa semakin baik, efisien dan cepat. Juga yang paling penting untuk saat ini bisa mengurangi aktifitas masyarakat ke kantor Samsat. Sehingga tidak menyebabkan terjadinya kerumunan orang. Agar pandemi Covid-19 cepat berlalu,” tandasnya. (Mor)