Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya (dua dari kiri) dengan tiga profesor riset baru pada Badan Litbang dan Inovasi KLHK yang dikukuhkan.(ist)

Menteri LHK: Litbang Berperan Penting Dalam Kemajuan Peradaban Manusia

Loading

JAKARTA (Independensi.com)
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan kegiatan penelitian dan pengembangan mempunyai peran yang penting di dalam kemajuan peradaban manusia.

Menurut Siti Nurbaya sejarah telah menunjukkan penguasaan atas ilmu pengetahuan dan teknologi atau iptek menjadi tulang punggung kemajuan suatu bangsa.

“Perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat saat ini tak lepas dari kemajuan penelitian dan pengembangan di semua bidang, tak terkecuali di bidang lingkungan hidup dan kehutanan,” katanya ketika menghadiri pengukuhan tiga profesor riset baru pada Badan Litbang dan Inovasi KLHK di Gedung Auditorium Manggala Wanabakti, Jakarta, Kamis (16/7)

Ketiga profesor riset baru yang dikukuhkan yaitu Prof Ris Satria Astana di Bidang Ekonomi dan Kebijakan Kehutanan, Prof Ris Yulianti di Bidang Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan dan Prof Ris Irfan Budi Pramono untuk Bidang Hidrologi Hutan

Siti Nurbaya lebih lanjut menyebutkan dengan perkembangan iptek dan peradaban kehidupan manusia yang sangat pesat, peneliti KLHK harus terus mengembangkan diri dan semakin dituntut untuk mampu beradaptasi dan memegang peranan yang penting dalam kemajuan iptek.

Dia pun mengharapkan adanya penambahan tiga profesor riset baru akan memperkuat KLHK dalam mengatasi tantangan-tantangan yang dihadapi.

“Karena masing-masing bidang ini merupakan bidang dengan konteks yang sangat kuat untuk kemajuan Indonesia pada lingkup LHK,” tuturnya.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, Plt Sekretaris Utama Kemenristek/BRIN Mego Pinandito, Prof Ris Bambang Subiyanto mewakili LIPI.(muj).