Ahli Epidemologi : Puncak Pandemi Covid 19 di Indonesia Masih Jauh

Loading

Jakarta, IndependensI.com – Angka terkonfirmasi kasus corona harian di Indonesia telah menembus 1.000 kasus perhari. Bahkan hingga Senin (27/7/2020) jumlah kasus corona di Indonesia telah mencapai 100.303 kasus. Meski demikian, Indonesia belum mencapai puncak pandemic covid 19.

Menurut Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono mengatakan, jumlah puncak pandemi virus corona di Indonesia masih jauh, meski sudah hampir enam bulan namanya menerpa Indonesia. “Belum (puncak pandemi), masih jauh,” katanya seperti dikutip kompas.com, Senin (27/7/2020).

Menurutnya, puncak pandemi bisa dilihat jika sudah terjadi perlambatan pertumbuhan kasus. Ia menyebut untuk puncak pandemi virus corona di Indonesia saat ini juga sulit diprediksi kapan akan terjadi. “Sulit diprediksi karena tidak ada variabel yang bisa dipakai,” ujarnya.

Pandu mengingatkan pemerintah harus benar-benar memprioritaskan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia agar bisa ditekan. Upaya kunci, kata dia, adalah peningkatan kapasitas pengetesan virus corona dengan metode swab atau Polymerase Chain Reaction (PCR). “Ya surveilans ditingkatkan, kita perlu kapasitas tes dengan PCR lebih 50 ribu per hari agar menekan keterlambatan tes,” ungkap Pandu.

Proses pelacakan yang berkontak dengan pasien positif Covid-19 juga masih perlu digencarkan. Sehingga, orang-orang yang berkontak dengan pasien positif Covid-19 juga dapat segera dites swab. Dia mengatakan upaya selanjutnya yang harus dilaksanakan dengan tertib adalah isolasi terhadap individu yang positif Covid-19. (dan)