Pandemi Covid 19 Munculkan Generasi R, Apa Itu ?

Jakarta, IndependensI.com – Pandemi Covid 19 yang terjadi di seluruh belahan dunia menimbulkan kebiasaan baru bagi seluruh masyarakat yang tinggal di bumi ini. Salah satunya adalah bekerja dari rumah, cara ini diambil sebagai upaya pemerintah setempat mengarantina wilayah mereka untuk mencegah penularan virus Corona.

Rupanya kebiasaan ini memunculkan generasi pekerja baru, atau disebut Generasi R. Generasi yang sedang mengembangkan keterampilan baru, merangkul paradigma baru dan telah menyesuaikan kembali pandangan dunia mereka.

Menurut Head of Applications Oracle Indonesia Iman Muhammad, Generasi R telah meninggalkan cara berpikir lama dan telah mengembangkan sudut pandang baru. Generasi ini merasa jauh lebih terkendali, lebih tangguh dan lebih nyaman dengan ambiguitas. Mereka bersiap untuk bekerja lebih keras dari sebelumnya dan sedang mencari cara baru untuk mencapai produktivitas, keseimbangan, dan tujuan.

“Munculnya Generasi R (pekerja dapat bekerja kapan saja dan di mana saja) yang memiliki model kontrak yang fleksibel bersama dengan pemasok atau vendor, pelanggan, dan karyawan maka dibutuhkan infrastruktur yang tangguh. Memiliki bisnis yang tangguh berarti memiliki kemampuan dan sistem untuk melihat ke depan, menatap masa depan dan yang paling penting, menyesuaikannya dengan keadaan,” ungkap Iman dalam konferensi virtual di Jakarta, Selasa (28/7/2020).

Iman menyampaikan, hanya sedikit yang dapat meramalkan kapan berakhirnya wabah saat ini, tetapi dengan data terintegrasi dan proses bisnis otomatis di cloud, pelaku bisnis dapat bersiap diri untuk penghalang dan menghadapi tantangan besar berikutnya.

“Karyawan Generasi R hari ini mengharapkan lebih dari atasan mereka sebelumnya. Perusahaan dan organisasi yang berhasil memberikan pengalaman karyawan yang luar biasa dapat melihat hasilnya dalam bentuk kinerja, produktivitas, dan laba yang lebih baik,” tambahnya.

Untuk itu, sambung dia, inovasi Oracle berupa Oracle Digital Assistant, siap memandu pengguna untuk memudahkan dalam mendapat jawaban untuk mendapat peluang di pasar dan memunculkan kegembiraan dan minat dalam mobilitas dan pembelajaran ke tingkat atas.

Kemudian, Oracle Fusion Cloud HCM dapat memberikan solusi inovatif yang mudah digunakan untuk dampak dan pertumbuhan perusahaan sejak di hari pertama penggunaan.

“Oracle Digital Assistant ini akan menjawab keperluan dan pertanyaan mereka terkait pekerjaan dengan cepat, oleh mesin (AI) maupun by voice. Selain itu, Cloud HCM juga komplit, jadi perusahaan tidak perlu memaintain teknologi, serahkan pada Oracle yang akan memaintain. Dengan aplikasi ini, perusahaan bisa mendapatkan end-to-end solution dengan single cloud dan single source of data yang sangat terintegrasi. Semua business process juga terkoneksi disini,” imbuhnya. (dan)