Megawati : Perempuan Indonesia Jangan Ragu Terjun ke Dunia Politik

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri menyoroti masih minimnya kiprah perempuan di perpolitikian dalam negeri. Untuk itu, dirinya mengajak kaum perempuan untuk tidak ragu terjun ke dunia politik.

“Saya melihat para wanita Indonesia ini masih sangat kurang di dalam kiprahnya di bidang politik, saya menekankan hal itu, sudah begitu banyak organisasi wanita yang dibuat di Indonesia ini tetapi masih sangat kurang wanita wanita yang berani terjun ke bidang politik,” katanya di akun youtube Sekretariat Presiden, Senin (17/7/2020).

Dia menuturkan, sebenarnya kekuatan hukum formal di Indonesia sudah menekankan bahwa kiprah kaum perempuan Indonesia sama dengan kaum laki-laki. Dia bilang, UUD 1945 sebagai konstitusi Republik Indonesia memberikan peluang sangat besar bagi wanita Indonesia untuk berkiprah.

“Karena tidak ada sebutan di dalam undang-undang dasar kita terutama dalam hal setiap warga negara mempunyai hak yang sama, artinya tidak disebut laki atau perempuan di mata hukum,” ucapnya.

Sehingga, Megawati menjelaskan, kaum perempuan Indonesia harus menyadari hal tersebut. Ketum PDI Perjuangan itu tak ingin kaum perempuan sekarang disebut konco wingking. “Sudah bukan zamannya lagi kaum perempuan seperti peribahasa Jawa itu,” imbuhnya.