Stok Darah Berkurang Akibat Pandemi Covid 19, Wagub DKI Ajak Warga Donor Darah

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Di masa Pandemi Covid 19 stok darah di Jakarta mengalami kekurangan. Untuk memenuhi kebutuhan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengajak seluruh warga Jakarta aktif melakukan donor darah di masa pandemi Covid-19. Sebab menurutnya, kebutuhan darah di Jakarta setiap harinya sekitar 1.000 kantong.

“Untuk itu kita terus menggalakkan seluruh elemen masyarakat hingga organisasi-organisasi apapun seperti FKDM dan Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) untuk membantu PMI dalam mengumpulkan darah. Karena setiap hari kurang lebih 1000 kantong yang kita butuhkan untuk dikumpulkan, sehingga harus kita saling membantu bersama,” ujarnyam Selasa (25/8/2020).

Politikus Gerindra itu juga menyampaikan bahwa seluruh elemen masyarakat membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari warga untuk membantu mendonorkan darah.

Riza menambahkan selama masa pandemi Covid-19 diketahui masyarakat banyak yang takut untuk donor darah sehingga ada penurunan dalam memperoleh jumlah kantong darah di setiap wilayah di DKI Jakarta.

Riza juga mengingatkan dalam masa pandemi ini, setiap warga harus saling membantu untuk aksi sosial seperti bansos yang berguna bagi yang membutuhkan.

“Jadi sekarang saatnya berbuat kebaikan, saatnya peduli, saling tolong menolong baik dari pemerintah, industri swasta, maupun lapisan masyarakat sudah seharusnya kita saling tolong menolong. Namun semua itu harus berjalan dengan menerapkan sistem mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M) agar berjalan kondusif di tengah pandemi,” tambahnya.

Sementara, Wali Kota Jakarta Barat sekaligus Ketua PMI Jakarta Barat Rustam Efendi menjelaskan kegiatan donor darah tersebut merupakan inisiatif dari seluruh lapisan masyarakat yang akan berlangsung hingga 13 Oktober 2020 di beberapa tempat, yang puncaknya akan diadakan di Kantor Wali Kota Jakarta Barat.

Rustam memastikan kegiatan tersebut akan berlangsung dengan aman meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Untuk warga Jakarta Barat yang ingin mendonor darahnya, Insya Allah tidak perlu ada rasa khawatir. Kita semua memahami jika dalam masa pandemi ini kita memiliki rasa ketakutan tersendiri, namun jika kita menerapkan protokol kesehatan, semoga aman. Semoga target hari ini minimal 300 kantong darah bisa diperoleh,” ujar Rustam.

Perlu diketahui sejumlah 450 warga melakukan donor darah dan mendapatkan satu unit bansos berupa kebutuhan sembako. Selain itu, pada puncak kegiatan donor darah di Jakarta Barat juga akan diberikan doorprize untuk memotivasi warga untuk lebih giat dalam menjalankan aksi kemanusiaan tersebut.