Epidemiolog Menduga Sebenarnya 4,9 Juta Orang di Indonesia Sudah Terpapar Covid 19

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Ahli Epidemiologi dari University of North Carolina Amerika Serikat, Juhaeri Mukhtar, menduga sebenarnya sudah ada 4,9 juta orang lebih di Indonesia sudah terinfeksi virus Corona (COVID-19). Dia menjelaskan, jumlah itu bisa diketahui apabila testing Corona di Indonesia dilakukan sangat massif dan tinggi seperti di Amerika Serikat (AS).

Perbandingan antara AS dan Indonesia bisa dilihat dari total jumlah penduduk Amerika sekitar 330 juta jiwa, sebanyak 5,8 juta jiwa telah terinfeksi Corona. Sedangkan Indonesia, kata dia, 165 ribu lebih kasus itu dari jumlah total penduduk Indonesia, yang lebih dari 274 juta penduduk.

“Jadi yang istilahnya incidence rate-nya dari orang yang terpapar COVID di Amerika itu sekitar 178 (orang) per 10 ribu. Jadi setiap 10 ribu penduduk, 178 itu terpapar. Coba bandingkan di Indonesia, ini data yang saya tahu 274 juta penduduk yang terpapar ini data hari ini itu 165 ribu. Jadi, kalau dihitung, sebetulnya incidence rate di Indonesia itu jauh lebih rendah dari di Amerika,” kata Juhaeri melalui siaran Populi Center dan Smart FM Network dalam diskusi Perspektif Indonesia: ‘Jakarta dan Dunia Memerah Lagi’, Sabtu (29/8/2020).

Incidence rate yang dimaksudnya adalah frekuensi kasus baru yang berjangkit dalam masyarakat di suatu wilayah dalam waktu tertentu dibandingkan dengan jumlah penduduk yang mungkin terkena penyakit baru tersebut.

Dia menyebut jumlah incidence rate di Indonesia yang rendah bisa disebabkan oleh angka tes Corona masih terbilang sedikit. Jika pengetesan bisa dilakukan setara dengan apa yang dilakukan Amerika, dia memprediksi angka positif Corona di Indonesia bisa mencapai 4,9 juta.

“Ini urusannya panjang, bukan cuma karena kita tidak terpapar terlalu besar. Tapi juga bisa karena tesnya kurang akurat dan sebagainya. Tapi menurut saya, kalau kita asumsikan sebetulnya peluang orang untuk terpapar di Amerika dan Indonesia sama. Kalau kita aplikasikan rate yang sama, di Indonesia itu bisa sampai 4,9 juta. Jadi kalau saya bilang dugaan saya mungkin nggak setinggi 4 juta, tapi nggak serendah 165 ribu. Saya pikir di antara keduanya itu,” imbuhnya.