Kasus Positif Corona Menlonjak, Pemprov DKI Gagal Bangun Kesadaran Masyarakat

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) –Lonjakan kasus positif Covid 19 yang sangat tinggi di DKI Jakarta mendapat sorotan dari AnggotaKomisi IX DPR RI dari Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay. Dia menilai, Pemprov DKI belum berhasil membangun kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan.

“Kesadaran masyarakat masih belum terbangun. Tetapi saat ini juga kantor-kantor, pasar, industri, mall sudah dibuka lagi dan di tempat situ sangatlah rawan dengan adanya penyakit ini,” ujarnya, dikutip merdeka.com, Senin (31/8/2020).

Politisi PAN tersebut, menjelaskan, antara kesadaran masyarakat dan ketegasan pemerintah yang kurang tegas dalam menerapkan protokol kesehatan bisa saling berpotensi meningkatkan penyebaran virus corona.

“Padahal aturannya sudah ada, ada sanksi, tetapi aturan sanksi itu tidaklah diterapkan dengan baik. Inilah yang menyebabkan persoalan ini menjadi semakin sulit,” tuturnya.

Oleh karena itu, ia meyakini bila protokol kesehatan bisa diterapkan dengan baik oleh seluruh masyarakat pasti dapat memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

“Kalau protokol kesehatan diterapkan dengan baik itu mata rantai penyebaran virus bisa terputus.Terbukti dengan negara-negara lain yang telah berhasil. Sehingga dengan demikian kita bisa keluar dari situasi sulit seperti yang kita hadapi saat ini,” ujarnya.

“Jadi Pemda DKI harus memperhatikan bagaimana persoalan ketertiban masyarakat terhadap protokol kesehatan haruslah bisa diselesaikan,” lanjutnya.

Sekadar informasi, kasus Covid-19 di DKI Jakarta meningkat tajam dalam beberapa pekan terakhir. Bahkan, Minggu (30/8) kemarin, DKI Jakarta mencatat rekor kasus Covid-19 tertinggi selama pandemi yakni 1.114.

Jumlah akumulatif kasus Covid-19 di DKI Jakarta mencapai 39.280 orang. Dari jumlah tersbut, 30.134 orang di antaranya telah sembuh, 1.186 orang meninggal dunia dan 7.960 orang masih dirawat atau isolasi.