Sekretaris Umum Bamusi Nasyirul Falah Amru (Gus Falah)

Bamusi : Pernyataan Mbak Puan, Pengakuan  Kontribusi Sumbar bagi NKRI

Loading

JAKARTA (Independensi.com) –  Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) turut bersuara terkait pernyataan Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDI Perjuangan Puan Maharani soal Sumatera Barat (Sumbar) dan Pancasila.

Sekretaris Umum Bamusi Nasyirul Falah Amru (Gus Falah) menegaskan, pernyataan mbak Puan itu sama sekali tak bermaksud mengatakan warga Sumbar tak mendukung Pancasila selama ini.

Namun, ujar Gus Falah, pernyataan mbak Puan itu justru menunjukkan pengakuan bahwa orang Minangkabau sangat berperan dalam pendirian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Politikus PDI Perjuangan itu mengingatkan, kemerdekaan Indonesia diproklamirkan oleh Bung Karno dan Bung Hatta, yang merupakan orang Minang.

Perjuangan kemerdekaan sekaligus pendirian Republik Indonesia juga melibatkan berbagai tokoh dari Minangkabau, seperti Sutan Sjahrir, KH Agus Salim, Prof Muhammad Yamin, Hajjah Rangkayo Rasuna Said, serta Moh Natsir. Dan sebagai cucu Proklamator, Puan Maharani sangat memahami sejarah tersebut.

“Jadi pernyataan mbak Puan itu dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat Pancasila di seluruh Nusantara, tidak hanya di Sumbar,” ungkap Gus Falah, dalam keterangan resminya, Jumat 4 September 2020.

Bamusi memohon semua pihak untuk  memahami secara benar pernyataan Ketua DPR-RI tersebut.

Intinya, lanjut Gus Falah, melalui pernyataan nya, mbak Puan ingin menunjukkan bahwa kontribusi orang Minangkabau dalam pembentukan  NKRI sangat besar.

Dengan begitu, tambahnya, masyarakat Sumbar sudah terbukti melaksanakan ajaran Pancasila yang merupakan dasar dari NKRI.

“Jadi pernyataan mbak Puan adalah sebuah gambaran, betapa Sumbar memiliki kontribusi yang luar biasa besar bagi Republik yang berdasarkan Pancasila ini,” ujar Anggota DPR-RI tersebut.

Seperti diketahui, pada Rabu (2/9), Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDI Perjuangan Puan Maharani melontarkan pernyataan  di acara pengumuman cagub-cawagub Sumatera Barat.

Di sela acara pengumuman, terselip harapan Puan agar Sumatera Barat menjadi provinsi yang mendukung negara Pancasila.

“Rekomendasi diberikan kepada Insinyur Mulyadi dan Drs H Ali Mukhni. Merdeka!” kata Puan

“Semoga Sumatera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung Negara Pancasila,” tambahnya.

Pernyataan Puan itu disalahpahami oleh sebagian kalangan. Polemik pun muncul akibat kesalahpahaman tersebut.