Jokowi : Pilkada Serentak 2020 Tetap Harus Dilakukan Meski Ditengah Pandemi Covid 19

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 tetap harus dilakukan, meski perhelatan pesta demokrasi ini digelar ditengah Pandemi covid-19.

“Penyelenggaraan pilkada harus tetap dilakukan dan tidak bisa menunggu sampai pandemi berakhir karena memang kita tidak tahu, negara manapun tidak tahu kapan pandemi covid ini akan berakhir,” katanya saat membuka rapat terbatas, Selasa (8/9/2020).

Untuk itu, Jokowi meminta kepada pihak terkait agar penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020 menggunakan cara baru yang dapat menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Dimana protokol kesehatan harus dilaksanakan. “Oleh karena itu penyelenggara pilkada harus dilaksanakan dengan norma baru, dengan cara baru,” tuturnya.

Jokowi meminta seluruh aparat pemerintah terkait aktif mendisiplinkan masyarakat gara tetap menjalani protokol kesehatan, untuk menghindari penularan covid 19.

“Pada kesempatan ini saya minta semua pihak, pada penyelenggara pemilu KPU, Bawaslu, aparat pemerintah, jajaran keamanan, penegak hukum, seluruh aparat TNI/Polri, seluruh tokoh masyarakat, tokoh organisasi untuk aktif bersama-sama mendisiplinkan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan,” imbuhnya.