Pandemi Covid 19 Berakhir di Penghujung Tahun 2021

JAKARTA (IndependensI.com) – Pandemi Covid 19 masih menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat di dunia. Banyak upaya yang ditempuh Negara agar pandemi segera berakhir. Para ilmuwan saat ini juga tengah mempercepat pengadaan vaksin untuk memutus penularan covid 19. Lantas kapan kah Pandemi Covid 19 akan berakhir?

Penasihat Presiden AS Donald Trump bidang kesehatan, Anthony Fauci memprediksi pandemi corona berakhir pada 2021 dan masyarakat dunia bisa kembali hidup normal seperti sebelum Covid-19.

“Jika Anda berbicara tentang kembali ke tingkat normalitas yang menyerupai sebelum Covid, itu akan terjadi pada 2021, bahkan mungkin menjelang akhir 2021,” kata Fauci, seperti dikutip dari CNN International, Sabtu (12/9/2020).

Anthony Fauci mengatakan penemuan vaksin corona akan membantu merealisasi hal tersebut, namun kendala ada didistribusi jadi pada awal-awal tak semua orang dapat vaksinasi.

“Pada saat Anda memobilisasi distribusi vaksinasi, dan Anda mendapatkan sebagian besar, atau lebih, populasi yang divaksinasi dan dilindungi, kemungkinan itu tidak akan terjadi hingga pertengahan atau akhir 2021,” ujar Anthony Fauci.

Batu sandungan lain dari distribusi vaksin adalah soal pendinginan. Sebagian besar vaksin corona yang sedang dikembangkan saat ini harus dibekukan dalam lemari pendingin. Perlu cold storage yang banyak.

Anthony Fauci juga menyuarakan keprihatinannya akan tindakan sejumlah orang yang menganggap remeh Covid-19 dan tak menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak, rajin cuci tangan, dan menggunakan masker.

Contohnya masih seringnya terlihat kerumunan orang di tempat-tempat umum. Bahkan beberapa anak muda melakukan tindakan ceroboh dengan berpikir mereka tiak akan sakit parah karena Covid-19.

“Tapi yang mereka lupakan adalah tanggung jawab sosial mereka untuk tidak menyebarkan wabah karena jika mereka terinfeksi, kemungkinan besar mereka akan menulari orang lain yang kemudian mungkin menginfeksi seseorang yang benar-benar rentan dan akan memiliki konsekuensi parah yang serius,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *