16.286 Relawan Tenaga Kesehatan Siap Perang Lawan Corona

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto mengatakan, untuk memerangi pandemic Covid 19, pemerintah menyiapkan 16.286 relawan tenaga kesehatan yang tersebar di rumah sakit untuk COVID-19 dan laboratorium.

“Seperti yang diketahui, total relawan tenaga kesehatan nusantara sehat dan internship yang sudah ditempatkan ada sebanyak 16.286 orang tersebar di rumah sakit COVID-19 dan laboratorium sarana kesehatan untuk melayani terkait COVID-19,” katanya, saat memberikan Keterangan Pers Menteri Kesehatan yang disiarkan Sekretariat Presiden, Senin (14/9/2020).

Terawan melanjutkan, saat ini masih ada sekitar 3.500 dokter internship, 800 tenaga kesehatan nusantara sehat dan tenaga relawan sebanyak 685 orang. Di sini termasuk di dalamnya ada dokter spesialis paru, anestesi, penyakit dalam, dan perawat yang siap membantu bila ada penambahan tenaga yang dibutuhkan.

Selain itu, Menkes juga meminta untuk masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

“Kami mohon untuk selalu patuh pada protokol kesehatan, mohon partisipasinya dari semua pihak terutama di level kelurahan, desa, RT dan RT untuk menjaga kedisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan. Memakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menkes juga menyinggung soal ketersedian tempat tidur di rumah sakit rujukan pasien COVID-19. Di DKI Jakarta, Menkes menyebut pemerintah telah menyiapkan dua tower ruang isolasi untuk pasien COVID-19 bergejala ringan atau tanpa gejala dengan kapasitas 4.218 tempat tidur.