Kondisi sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kota Bekasi. (ist)

Pelaksanaan World Cleanup Day 2020, Ajak Warga Pilah Sampah di Rumah

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Memilah sampah mulai dari rumah, merupakan cara tepat penanganan sampah, khususnya di perkotaan. Maka, dalam rangka mendukung kegiatan World Cleanup Day (WCD) Indonesia 2020 yang serempak dilaksanakan pada 19 September 2020, Wali Kota BekasiRahmat Effendi mengeluarkan Surat Edaran Nomor 660.1/5775/DinasLH.

Dalam surat edaran mengintruksikan kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Lurah agar dapat mendukung kegiatan tersebut dan bersinergi dalam menggerakkan masyarakat untuk memilah sampah dari rumah.

Pemerintah daerah turut serta memberikan motivasi dan mengapresiasi kegiatan WCD yang dilakukan di wilayah Kota Bekasi.

Kegiatan WCD 2020 ini akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 19 September 2020 berupa. Aksi Cleanup & Pilah Sampah dari Rumah dengan tema kegiatan “Bersatu Untuk Indonesia Bersih” yang relevan dengan kondisi wabah Pandemi Covid-19 saat ini.

Surat edaran Wali Kota Bekasi ini sebagai tindak lanjut Surat Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Nomor: S.333/PSLB3/PS/PLB.0/8/2020 tanggal 26 Agustus 2020 perihal: Kegiatan World Cleanup Day (WCD) Indonesia 2020.

Sebagaimana diketahui, sampah menjadi masalah pelik di masyarakat perkotaan, terutama di Kota Bekasi. Pemerintah daerah setempat telah melalukan berbagai upaya guna menangani sampah. Misalnya dengan pembentukan bank sampah, daur ulang sampah hingga mengolah sampah menjadi tenaga listrik.

Namun hingga saat ini, keberadaan sampah menjadi salah satu dilema yang perlu penanganan serius mulai dari sumbernya. (jonder sihotang)