Covid 19 di Indonesia Serang Usia 19-45 Tahun

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Pandemi Covid 19 di Indonesia semakin mengganas, virus corona di Tanahair menyasar usia produktih. Juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, dari data yang dihimpun Satgas COVID-19, mayoritas pasien Corona di Indonesia didominasi oleh usia produktif.

“Jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia didominasi pada usia 19-45 tahun atau sebesar 55 persen. Ini adalah usia produktif. Penting untuk menjaga stamina tubuh, tidak lengah saat berkegiatan di luar rumah, dan selalu menjaga anggota keluarga terutama yang risiko rentan agar tidak tertular,” kata Prof Wiku dalam siaran pers di Youtube BNPB, Kamis (17/9/2020).

Sebagai kelompok usia dengan mobilitas sosial tinggi, Prof Wiku menyebut usia ini berpotensi besar menjadi carrier atau pembawa virus kepada keluarganya dan kelompok usia rentan.

Dalam paparannya, Prof Wiku juga mengungkap 80 persen kasus berada di kelompok usia di atas 45 tahun. Kelompok usia ini diharapkan tidak berkegiatan di luar rumah. Jika terpaksa ke luar rumah, dipastikan untuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.”Hindari penggunaan transportasi umum untuk mencegah penularan,” ungkapnya.