Peneliti Sebut Masker Lebih Efektif Cegah Corona Ketimbang Vaksin

JAKARTA (IndependensI.com) –Penggunaan masker yang tepat masih menjadi senjata ampuh untuk melawan virus corona. Kepala Centers of Disease Control and Prevention (CDC) Robert Redfield mengatakan, saat ini masker mungkin memberikan proteksi yang lebih baik ketimbang vaksin dalam melawan virus corona Covid-19.

Pernyataan ini disampaikan Robert Redfield dalam rapat dengar pendapat dengan Parlemen Amerika Serikat (AS), Rabu (16/9/2020), seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (17/9/2020).

Pernyataan ini didasarkan pada fakta belum tersedianya vaksin Covid-19. Selain itu, berdasarkan informasi faksi yang ada hanya memiliki imunogenitas 70%. Artinya tidak ada jaminan penuh vaksin akan mampu membangun respons imun terhadap virus.

“Jika saya tidak mendapatkan respons imun, vaksin tidak akan melindungi saya. Tetapi masker melindungi saya,” ujar Robert Fedfield.

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) telah merilis jenis masker medis dan non medis yang bisa digunakan untuk menghambat penyebaran corona.

1. Masker N95
Ini adalah masker kelompok Filtering Facepiece Respiratpr (FFR) sekali pakai. Masker ini memiliki face seal fit yang ketat sehingga pengguna terhindar dari aerosol dan paparan cairan droplet. Masker ini direkemondasikan bagi tenaga medis yang kontak langsung dengan pasien Covid-19.

2. Masker bedah 3 Ply
Masker ini memiliki tiga lapisan yang efektif menyaring droplet yang keluar dari pemakai ketika batuk, bersin atau berbicara. Masker ini disarankan bagi mereka yang mengalami gejala flu, batuk, atau bersin dan bagi tenaga medis.

3. Masker kain
Masker kain termasuk masker non-medis yang wajib digunakan untuk sehari-hari. Menurut WHO, idealnya masker kain terdiri dari tiga lapis. Yakni, lapisan paling dalam yang terbuat dari bahan hidrofilik (seperti katun atau campuran katun.

Lapisan tengah yang terbuat dari bahan hidrofobik dari bahan tanpa tenun sintesis seperti polipropina atau lapisan katun yang dapat meningkatkan filtrasi atau menahan droplet. Laporan terluar yang terbuat dari bahan hidrofobik seperti polipropilena, poliester, atau campuran keduannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *