Penerapan PSBB di Jakarta Ditingkat Mikro

Loading

JAKARTA – (Independensi.com) – Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dapat membuat sebuah grand design di tingkat mikro, sehingga pengetatan maksimum dapat di lakukan di tingkatan RT, RW dan Kecamatan.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin kepada para awak media, Jumat (18/9/2020).

Menurut Azis, kebijakan tersebut perlu dilakukan sehingga tidak ada lagi PSBB secara total di DKI Jakarta.

“Gubernur DKI dapat melakukan pemetaan PSBB secara mikro, mulai pada RT, RW bahkan kecamatan yang memiliki zonasi mana yang harus di perhatikan untuk memutus penyebaran Covid-19. Tentunya harus ada rencana dan pendataan yang jelas dan terukur sehingga di masa mendatang tidak perlu lagi PSBB total, cukup mikro sesuai kasus-kasus di tingkatan bawah,” kata Azis.

Azis pun berharap, aparat keamanan yang membantu dalam hal penegakan aturan PSBB dapat ikut serta memberikan contoh yang baik kepada masyarakat baik dari sisi pengunaan masker, sosial distancing, dan kebersihan.

“Aparat keamanan wajib menjalankan protokol tersebut sebagai contoh kepada masyarakat, aparat pun dilarang mengumpulkan masyarakat dalam jumlah di luar protokol kesehatan. Jangan sampai saat masyarakat di tegur, tapi justru aparat keamanan yang tidak menerapkan protokol dengan benar,” ujarnya.

Politisi Golkar itu menginginkan, PSBB dapat membawa dampak positif dan pembelajaran untuk mendisiplinkan diri terhadap protokol kesehatan.

“Kita harus selalu jaga kesehatan dan mari kita putus mata rantai Covid-19, agar kemudian hari roda ekonomi dapat kembali normal di wilayah DKI Jakarta” tutupnya. (Daniel)