Peringatan Hari Menara Suar ditandai dengan pemberian apresiasi dan bingkisan kepada para penjaga mercu suar

Selamat Ulang Tahun Pahlawan di Tengah Lautan

Loading

JAKARTA (Independensi.com) Kementerian Perhubungan pemberian apresiadi kepada para Penjaga Menara Suar, pahlawan ditengah lautan.

Apresiasi dan pemberian bingkisan diberikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam rangka memperingati Hari Menara Suar yang jatuh pada tanggal 22 September.

Pemberian apresiasi oleh Pemerintah dan masyarakat maritim kepada para Penjaga Menara Suar sudah sepatutnya. Pengabdian dan pengorbanan para Penjaga Menara Suar dalam menjaga cahaya menara suar agar tetap terang, telah memberikan sumbangsih yang begitu besar bagi keselamatan pelayaran di perairan Indonesia.

Menteri Perhubungan yang diwakili Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo bersama Sesmenko Marves Agung Kuswandono melakukan dialog dengan para petugas Penjaga Menara Suar yang berada di wilayah terdepan dan perbatasan yakni Penjaga Menara Suar di Pulau Klah (Disnav Sabang), Menara Suar Sebatik (Disnav Tarakan) dan Menara Suar Lampu Satu (Disnav Merauke).

Menurut Dirjen Agus, Menara Suar merupakan komponen penting dalam mendukung dan menunjang keselamatan pelayaran dan berfungsi juga sebagai eksistensi adanya wilayah Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal tersebut sejalan dengan tema Hari Menara Suar pada tahun ini yaitu “Merajut Pulau Menjaga Kedaulatan Negara”, yang dapat dimaknai sebagai simbol pemersatu bangsa yang berdaulat dimana Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar di dunia dan juga sebagai Poros Maritim Dunia.

“Meski mereka harus menghadapi berbagai kesulitan maupun resiko besar, tidak menjadi hambatan dalam pengoperasian dan pemeliharaan Menara Suar agar tetap memberikan pelayanan sebagaimana mestinya. Terlebih bagi mereka yang ditugaskan di daerah terpencil dan terluar harus rela meninggalkan keluarga,” kata Dirjen Agus.

Atas dasar itulah, sejak tahun 2015 Pemerintah menetapkan Hari Menara Suar sebagai bentuk terima kasih terhadap peran menara suar dan petugasnya atau Petugas Menara Suar.

Agus berpesan agar para Penjaga Menara Suar tetap menjaga integritas, amanah dan menjaga kesehatan diri sesuai protokol kesehatan selama bertugas.

Pihaknya berharap melalui peringatan Hari Menara Suar tahun 2020 ini, para Penjaga Menara Suar tetap konsisten dalam menjaga dan meningkatkan kehandalan serta memelihara Menara Suar agar tetap berfungsi sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2010 tentang Kenavigasian dan Peraturan Menteri Perhubungan nomor PM.25 Tahun 2011 tentang Sarana Bantu Navigasi- Pelayaran serta mengacu pada International Association Of Marine Aids To Navigation And Lighthouse Authority (IALA).

Sementara itu, Sesmenko Marves Agung Kuswandono juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam melakukan pembangunan dan pemeliharaan SBNP, khususnya para Penjaga Menara Suar beserta keluarganya yang dengan tulus telah mengabdikan dirinya untuk keselamatan pelayaran. (hpr)