Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi difungsikan sebagai IGD dan ruang isolasi pasien civid19. (ist)

Satu Gate Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi Dijadikan IGD Covid19

BEKASI (IndependensI.com)- Gate 13 Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi yang sebelumnya melayani penyediaan rapid test dan ruang d pelayanan Dinas Kesehatan Kota Bekasi, kini telah dijadikan Instalansi Gawat Darurat (IGD) dan ruang untuk pasien tepapar positif bagi isolasi mandiri.

Beberapa blok di stadion bertaraf internasional itu, sudah menjadi pusat khusus rawat para pasien terpapar di Kota Bekasi. Untuk pelaksanaan rapid tes, terpaksa dipindah ke Gate 7. Hal ini dilakukan mengingat jumlah pasien covid19 di daerah perbatasan DKI Jakarta ini, dua minggu ini meningkat.

Bahkan, saat ini sudah ada 14 orang pasien covid19 untuk disolasi di pusat olah raga milik Pemkot Bekasi itu, ungkap Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Rabu (23/9/2020), seperti diberitakan sebelumnya.

Adapun fasilitas Pusat Rawat Isolasi Khusus Mandiri di gate 13 terdapat, diantaranya : IGD, Nurse Station, blok dan ruang isolasi kapasitas tempat tidur 57 unit.

Kapasitas satu kamar lima orang. Dan saat ini ada 11 kamar khusus tempat isolasi pasien covid19.

Kini, pelayanan Rapid Test untuk warga Kota Bekasi berada di Gate 7 Stadionn  juga untuk Kantor Dinas Kesehatan Kota Bekasi.

 

Gate 12 yang sebelumnya menjadi kantor Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid 19,  juga berpindah pada hari ini ke Gate 19. Kantor Gugus Tugas ini  juga menjadi  ruang isolasi.

Bagi warga Kota Bekasi yang terpapar dengan kasus ringan dan tidak adanya penyakit bawaan (comorbid) serta rumahnya tidak representatif akan dibawa dan dikhususkan penangananya di area Stadion Kota Bekasi ini.

Bahkan, ruang kerja wali kota selama masa covid19 dipindah dari kompleks Pemkot Bekasi ke Stadion ini.  Tempat kerja wali kota pindah ke Gate 19 dan juga ruang administrasi surat menyurat bagian Tata Usaha, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Wali Kota dan Asisten Daerah akan tergabung di deretan Gate 19 yang sebelumnya diisi oleh kantor KONI Kota Bekasi.

Dengan pindahnya ruang tersebut, agar diantara Gate yang sebelumnya menjadi kantor akan difokuskan dan ditambah penempatan khusus isolasi mandiri warga.

Pada hari ini pun, Wali Kota Bekasi melihat situasi The Green Hotel Bekasi yang akan dijadikan  penginapan bagi isolasi mandiri pasien covid19. (jonder sihotang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *