Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat pembumakan kegiatan PPID Humas Pemkot Bekasi. (humas)

PPID  Harus Mampu Mengelola dan Menyampaikan Informasi

BEKASI (IndependensI.com)- Penyampaian informasi kepada masyarakat sangat penting. Maka, masyarakat dapat mengetahui seputar pembangunan dan program pemerintah.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengungkapkan hal itu saat

membuka kegiatan kehumasan di Kota Bekasi, Selasa (28/9/2020).

Seperti diketahui, Bagian Humas Setda Kota Bekasi selaku PPID Utama melaksanakan Kegiatan Pembinaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu dan Admin OPD selama dua hari 29-30 September 2020 di Aston Imperial Hotel Kota Bekasi yang bertemakan  “Optimalisasi Pelayanan Informasi Publik dan Pengelolaan Akun Media Sosial Pemerintah”

Wali Kota Bekasi  mengatakan harapan besar kepada PPID OPD dan para admin mampu meningkatkan efektifitas pengelolaan informasi publik. Sebagaimana amanat UU Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008.

Sebab menurutnya banyak hal yang perlu di jawab OPD terkait pengaduan warga melalui berbagai media yang ada. Baik yang telah disampaikan lewat aksi masa maupun medsos yang masih belum maksimal ditindaklanjuti.

“PPID OPD lebih maksimal dalam mengelola informasi publik. Sajikan informasi dari kinerja dan tugas kalian kerjakan. Itu sudah yang harus dikuasai PPID OPD. Tidak semua yang menjawab Humas, di OPD ada PPID-nya,” katanya.

Ia yakin jabatan PPID yang melekat kepada seorang sekretaris mampu menjembatani segala informasi di OPD dan fungsi kordinasi tugas. Juga mengelola instrumen untuk menggerakkan Kabid dan Kasi pengelolanya adalah sekretaris. Maka fungsi Sektretaris di dinas instansi  sangat penting dan strategis,  tambahnya.

Kabag Humas Setda Kota Bekasi Sajekti Rubiyah mengatakan  pembinaan PPID dilakukan sebagai ajang peningkatan pemahaman mengenai fungsi pengelolaan informasi publik dan media sosial.

“Informasi yang dikuasai OPD perlu didokumentasikan, dikelola dan pelayanan informasi  sesuai amanat UU Keterbukaan Infromasi Publik,” ungkapnya.

Dalam pembinaan PPID kali ini mendatangkan narasumber Dirjen Komunikasi Publik Kemkominfo RI,  Sembiring dengan materi mekanisme dan pelaksanan prinsip Keterbukaan Infromasi Publik pemerintah.

Hadir juga  Wicaksono sebagai Advisor Maverick PR dengan tema diskusi Strategi Pengelolaan Media Sosial Akun Pemerintah. Kedua diskusi ini dimoderatori Nadhratul Aini Naim, Pranata Humas pada Diskominfostandi Kota Bekasi. (jonder sihotang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *