Jaksa Agung ST Burhanuddin saat membuka Rakernis Bidang Pengawasan Tahun 2020 secara virtual dari ruang kerjanya di Badiklat Kejaksaan RI.(ist)

Jaksa Agung: Bidang Pengawasan Jangan Hanya Berperan Seperti “Watch Dog”

JAKARTA (Independensi.com)
Jaksa Agung ST Burhanuddin mengingatkan jajaran bidang Pengawasan untuk merevitalisasi peran dan fungsinya dengan tidak hanya berperan layaknya anjing penjaga atau “Watch Dog” yang memastikan ketaatan dan kepatuhan melalui instrument penghukuman semata.

“Tapi juga diharapkan dapat mengoptimalkan peran sebagai dokter dan konsultan yang mampu mendiagnosa, mengobati, meluruskan, memberikan nasehat dan mencegah terjadinya penyimpangan,” kata Jaksa Agung saat membuka rapat kerja teknis (Rakernis) bidang Pengawasan Tahun 2020 secara virtual dari ruang kerjanya di Badiklat Kejaksaan RI, Jakarta, Rabu (30/9).

Dia pun meminta kepada jajaran bidang pengawasan untuk senantiasa berbenah, memperbaiki, dan menyempurnakan segenap potensi dan kapasitas yang dimiliki.

“Selain membentuk kapabilitas dan kompetensi mumpuni dari para personilnya. Serta mengupayakan terobosan-terobosan melalui instrumen pembangunan dan pengembangan teknologi informasi,” tuturnya.

Dia pun menilai tema rakernis kali ini yaitu “Penguatan Pengawasan Dalam Rangka Peningkatan Kinerja Kejaksaan RI“ sangat tepat mengingat penguatan pengawasan diperlukan.

“Karena bidang Pengawasan merupakan elemen vital yang memastikan keberhasilan kinerja Bidang Pembinaan, Pidum, Pidsus, Intelijen, dan Datun,” ucap mantan Kajati Sulawesi Selatan ini.

Jaksa Agung Muda Pengawasan (JAM Was) Amir Yanto bersama para Inspektur yang menjadi peserta rakernis saat pembukaan oleh Jaksa Agung ST Burhanuddin.(ist)

Dia menyebutkan penguatan pengawasan merupakan aspek fundamental dalam upaya memenuhi ekspektasi masyarakat yang menginginkan Kejaksaan menjadi institusi penegak hukum yang berintegritas, profesional, dan tepercaya.

“Penguatan pengawasan dibutuhkan sebagai motor penggerak yang mengakselerasi perubahan dan perbaikan guna meningkatkan performa kinerja institusi dalam upaya memulihkan dan menumbuhkan kepercayaan public,” ucapnya.

Pembukaan rakernis bidang Pengawasan yang dilaksanakan secara virtual dihadiri Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi dan para Jaksa Agung Muda dari ruang kerja masing-masing.

Sedangkan Jaksa Agung Muda Pengawasan (JAM Was) Amir Yanto, para Inspektur, Inspektur Muda pada Bidang Pengawasan berada di Aula Jaksa Agung Muda Pengawasan.

Selain itu secara virtual acara pembukaan Rakernis dihadiri para Kepala Kejaksaan Tinggi, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi, Para Asisten Pengawasan beserta jajaran Bidang Pengawasan dan para Kepala Kejaksaan Negeri dari masing-masing kantor di seluruh wilayah Indonesia.(muj)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *