Kajati Jabar Resmikan Nama Jalan Jaksa Agung R Soeprapto di Kota Bandung

JAKARTA (Independensi.com) – Nama Jaksa Agung R Soeprapto kini menjadi salah satu nama jalan di Kota Bandung, Jawa Barat menggantikan nama Jalan Jakarta dimana Kantor Kejaksaan Negeri Kota Bandung juga beralamat di jalan tersebut.

Peresmian nama Jaksa Agung R Soeprapto sebagai nama jalan di Kota Bandung dilakukan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Asep Nana Mulyana bersamaan  kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bertema “Menelisik Eksistensi Kejaksaan dalam Perspektif Sejarah” yang diselenggarakan PERSAJA Jawa Barat, Rabu (16/11/2022).

“Peresmian ini salah satu perjuangan seluruh insan Adhyaksa di Indonesia untuk memberi legacy Jaksa Agung R. Soeprapto sebagai salah satu pahlawan nasional,” kata Kajati Jabar Asep Nana Mulyana dalam keterangannya, Minggu (20/11/2022).

Asep yang juga Ketua II PERSAJA menyebutkan untuk kegiatan FGD bertujuan untuk mengetahui proses hadirnya Kejaksaan pasca kemerdekaan dan menemukan fakta-fakta sejarah yang menjadi acuan masa depan Kejaksaan.

“PERSAJA Wilayah Jawa Barat melalui FGD ingin memberikan kontribusi positif untuk Kejaksaan melalui rekomendasi-rekomendasi yang lahir dari hasil diskusi ilmiah ini. Juga untuk mensosialisasikan kembali sejarah Kejaksaan, sehingga seluruh insan Adhyaksa semakin mencintai Kejaksaan,” ujarnya.

Dia mengatakan hasil FGD selanjutnya akan dilaporkan kepada Jaksa Agung ST Burhanuddin selaku Pelindung PERSAJA dan Ketua Umum PERSAJA yang juga selaku Jaksa Agung Muda Intelijen (JAM Intel) Amir Yanto.

Dalam FGD menghadirkan nara sumber yaitu Kabiro Perencanaan Kejaksaan Agung Narendra Jatna dan Sejarawan Yahya dan Samadi. Dalam diskusi disimpulkan hari lahir Kejaksaan diperingati pada 2 September 1945.

Narendra menyampaikan bahwa hari lahir Kejaksaan yang patut diperingati adalaj pada saat kedaulatan hukum di republik ini yakni dengan diangkatnya Jaksa Agung yang berkebangsaan Indonesia.(muj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *