Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat menerima penghargaan dari Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di gedung Grahadi Surabaya

Pemkab Gresik Raih 2 Penghargaan Sekaligus di Hari Jadi ke 75 Provinsi Jawa Timur

Loading

GRESIK (Independensi.com) – Tepat pada peringatan Hari Jadi ke 75 Provinsi Jawa Timur, Pemkab Gresik panen penghargaan. Setidaknya ada dua penghargaan yang diterima Bupati Gresik Sambari Halim Radianto pada peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur tahun 2020 ini.
Saat upacara peringatan hari jadi Provinsi Jawa Timur yang berlangsung di Halaman Gedung Negera Grahadi Surabaya. Bupati Sambari Halim Radianto menerima penghargaan Jer Basuki Mawa Beya. Penyematan Lencana Jer Basuki Mawa Beya ini dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada, Senin (12/10).
Menurut Gubernur seperti yang disampaikan Kepala Bagian Humas dan Protokol Reza Pahlevi, Penghargaan ini diberikan atas dedikasi, tenaga, pikiran dan jiwa raga yang selama ini diberikan kepada masyarakat.
“Penghargaan Jer Basuki Mawa Beya merupakan bagian dari kekuatan, persatuan hingga seluruh dedikasi, pengorbanan dan perjuangan bersama” papar Reza.
Semalam, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto Gresik berhasil meraih Penghargaan sebagai daerah dengan predikat Open Defecation Free (ODF). Penghargaan ini diberikan karena masyarakat Gresik sudah terbebas daru perilaku buang air besar sembarangan.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan penghargaan ini kepada Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto pada resepsi pengaugerahan dan silaturahmi yang berlangsung di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Minggu Malam kemarin.
Menurut Reza Pahlevi, penghargaan ini terbilang istimewa karena sebagai bentuk pengakuan bahwa derajat kesehatan masyarakat Gresik telah mengalami peningkatan.
“Pemerintah beserta berbagai elemen telah berhasil merubah perilaku masyarakat untuk hidup sehat.   Sebelumnya kita masih sering menjumpai masyarakat buang air sembarangan. Saat ini tiada lagi. Masyarakat Gresik sudah membiasakan diri untuk buang air di WC. Selain itu sara sanitasi lain sudah semakin sehat termasuk mengelola makanan dalam rumah tangga serta pengelolaan limbah cair.” Katanya bangga
Pada peringatan Hari jadi Provinsi Jawa Timur, Pemkab Gresik juga melaksanakan upacara peringatan yang berlangsung di Halaman kantor Bupati Gresik. Meskipun pesertanya dibatasi, namun Upacara tersebut diikuti oleh berbagai elemen yaitu dari ASN Pemkab Gresik, TNI Polri, Satpol PP dan pasukan dari Dinas Perhubungan Gresik.
Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Komandan Kodim 0817 Gresik Letkol Infanteri Taufik Ismail. Tampak di kursi undangan hadir juga Kapolres Gresik, Wakil Ketua DPRD Gresik, serta anggota Forkopimda yang lain. Hadir juga  Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Maria Ulfa Sambari, Perwakilan Dharma Wanita serta para Kepala OPD yang pengaturannya disesuaikan dengan Protokol Kesehatan. (Mor)