Arti mencuci tangan dengan kesehatan. (ist)

Hari Cuci Tangan Dunia: Wali Kota Bekasi Ingatkan Arti Penting Cuci Tangan

 

BEKASI (IndependensI.com)- Semua negara di dunia, memperingati Hari Cuci Tangan tanggal 15 Oktober tiap tahun. Tujuannya

untuk meningkatkan kesadaran kembali tentang pentingnya mencuci tangan khususnya pada masa Pada pandemi Covid 19 ini.

Mencuci tangan, tidak hanya sekedar, tapi dengan sabun. Dan inilah salah satu imbauan pemerintah di masa Civid-19, bahwa mencuci tangan pakai sabun, dapat mencegah penularan covid-18, selain mengguanakan masker dan menjaga jarak.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi sebagai Ketua Gugus Tugas percepatan Penanganan Covid 19 Kota Bekasi,  menggalakkan program 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) kepada seluruh pegawainya untuk mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat Kota Bekasi.

Tindakan mencuci tangan pakai sabun sehingga semua masyarakat bersatu untuk menjaga kebersihan tangan dan menghentikan penyebaran COVID-19. Penting bagi setiap orang, dimanapun dan kapanpun untuk selalu mencuci tangan.

Pencegahan melalui cuci tangan ini diberlakukan saat kita batuk dan bersin, mengunjungi ruang publik, menyentuh permukaan diluar rumah, memegang uang, merawat orang sakit dan yang terpenting sebelum dan sesudah makan.

Hari Cuci Tangan Global pertama diadakan pada tahun 2008, ketika lebih dari 120 juta anak di seluruh dunia mencuci tangan dengan sabun di lebih dari 70 negara.

Tema Hari Cuci Tangan Sedunia 2020 adalah “Kebersihan Tangan untuk Semua”. Tema tahun ini mengikuti inisiatif global baru-baru ini yang mengajak semua masyarakat untuk meningkatkan kebersihan tangan, terutama melalui cuci tangan dengan sabun.

Tema tahun ini mengingatkan, kita harus mengupayakan akses universal dan praktik cuci tangan pakai sabun untuk saat ini dan untuk masa depan yang sehat. Apa pun peran Anda, Anda dapat merayakan Hari Cuci Tangan Sedunia.

Pandemi COVID-19 mengingatkan kita, mencuci tangan adalah salah satu cara paling sederhana untuk mencegah penyebaran virus apa pun dan memastikan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi pun juga menyarankan untuk tetap menjaga jarak, memakai masker dan selalu mencuci tangan setiap saat diluar rumah maupun di alam rumah.

Terkait hak itulah, awal penyebatan civid-19, Pemkot Bekasi bersama-sama pihak swasta telah menyediakan sarana cuci tangan di tempat-tempat strategis dan mudah dijangkau masyarakat. (jonder sihotang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *