Marak Begal, Polisi Minta Pesepeda Jangan Gowes Sendirian

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Maraknya begal sepeda belakangan ini membuat para pesepeda harus lebih ekstra hati-hati. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pesepeda lebih hati-hati. Usahakan, jangan bersepeda sendirian.

“Bersepeda di jalur yang sudah disiapkan tetapi jangan sendiri. Kalau boleh berkelompoklah agar mengurangi niat para pelaku ini,” kata dia di Polda Metro Jaya, Senin (2/11).

Yusri menyarankan, agar pesepeda menaruh barang-barang berharga seperti telepon genggam di tempat aman supaya tidak memancing pelaku begal.

“Kita imbau pengguna sepeda agar menjaga masing-masing keamanannya tolong barang-barang berharga disimpan di tempat-tempat yang tidak kelihatan,” ujar dia.

Yusri menerangkan, pesepeda sebaiknya mencari rute yang cenderung ramai. Kepolisian telah memetakan rute yang dianggap rawan terjadinya begal sepeda antara lain Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman sampai ke Medan Merdeka Barat dan Medan Merdeka Selatan. Kemudian di sekitaran Stasiun Kota.

Menurut Yusri, ruas jalan itu ramai dilalui kendaraan tapi pesepeda biasanya milih berkendara pada pagi hari. Berdasarkan hasil evaluasi pembegalan terjadi pada pukul 6 pagi sampai jam 9 pagi. “Ini kan rawan,” ucapnya.

Yusri menerangkan, Polda Metro Jaya bersama dengan Kodam Jaya, dan Dinas Perhubungan telah membentuk tim khusus untuk mempersepit ruang gelak pelaku begal. “Kita turunkan ada yang pakai seragam melakukan penjagaan ada juga yang pakaian preman untuk memantau,” ucap dia.