Masyarakat yang Menjalani Libur Panjang Diminta Segera Tes Covid 19

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Libur panjang akhir Oktober 2020 dikhawatirkan bisa menjadi klaster baru penyebaran Covid 19. Setelah libur usai, diprediksi bakal terjadi lonjakan kasus Covid 19 di berbagai daerah.

Oleh sebab itu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, meminta masyarakat yang telah melakukan perjalanan selama libur panjang akhir Oktober 2020 segera tes Covid-19. Langkah ini untuk memastikan masyarakat tidak terpapar Covid-19 selama libur panjang.

“Masyarakat yang sudah kembali dari perjalanan selama masa libur panjang untuk segera melakukan testing dalam rangka melakukan antisipasi bila terjadi atau tertular,” katanya dalam konferensi pers, Selasa (3/11/2020).

Jika hasil testing menunjukkan positif terinfeksi Covid-19, maka segera isolasi atau karantina di fasilitas kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Masyarakat juga diminta mengikuti anjuran tenaga kesehatan selama proses karantina untuk mempercepat proses penyembuhan. “Sehingga kematian juga dapat ditekan,” ujarnya.

Wiku mengajak masyarakat untuk mendukung pemerintah dalam melakukan contact tracing. Menurutnya, keterbukaan masyarakat merupakan kunci utama dalam melacak kontak terdekat pasien Covid-19.

“Kami meminta kepada masyarakat untuk betul-betul mendukung upaya 3T yakni testing, tracing dan treatment,” katanya.