Menkes Dukung Sekolah Tatap Muka Mulai 2021

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyambut baik rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim yang akan kembali menerapkan sekolah tatap muka mulai 2021. 

Menurut Menkes, belajar dari rumah selama pandemi Covid-19 masih menyisakan banyak kendala.“Belajar dari rumah sudah dijalankan hampir satu tahun ini dan sudah dilakukan kajian dan evaluasi. Ternyata banyak hal yang bisa dinilai sebagai kendala,” katanya, Jumat (20/11/2020).

Kendala yang dimaksud adalah adanya ancaman anak putus sekolah, meningkatnya risiko stres pada anak, kekerasan pada anak, kesenjangan capaian belajar, dan hilangnya pembelajaran yang berpengaruh perkembangan anak.

“Dalam rangka pemenuhan hak pendidikan anak, maka pembelajaran tatap muka pada semester genap 2020 yang akan datang tidak lagi berdasarkan zonasi penyebaran Covid-19, tapi berdasarkan kebijakan dari pemda setempat,” ucapnya.

Terawan menambahkan, dalam hal belajar tatap muka di sekolah pemda dapat memberikan keputusan yang tepat dalam pemberian izin pembukaan kembali satuan pendidikan di wilayahnya. Dia berpesan agar mengedepankan aspek kesehatan dan keselamatan anak, guru keluarga dan masyarakat.

“Kemenkes sepenuhnya akan mendukung kebijakan ini, kami berkomitmen meningkatkan peran puskesmas, melakukan pengawasan dan pembinaan dalam penerapan protokol kesehatan di samping terus meningkatkan kesiapan faskes dan pencegahan serta pengendalian Covid-19,” tuturnya.

Terawan melanjutkan, penerapan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, menjaga jarak serta mencuci tangan menjadi adaptasi kebiasaan baru yang wajib diterapkan.

“Dengan disiplin tinggi agar kita sehat dan selamat dalam melewati pandemi Covid-19 ini,” ucapnya.