Doni : Angka Kematian Covid 19 Terhadap Kelompok Rentan Capai 85 Persen

JAKARTA (IndependensI.com) –  Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Doni Monardo, mengatakan, angka kematian akibat Covid 19 terhadap kelompok rentan sangat tinggi. Kelompok rentan merupakan orang lanjut usia dan memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

“Angka kematian kelompok rentan ini mencapai 80 sampai 85 persen,” katanya dalam acara Peluncuran Pedoman Perubahan Perilaku Protokol Kesehatan 3M Dalam 77 Bahasa Daerah, Selasa (1/12/2020).

Komorbid yang rentan terhadap Covid-19 adalah hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung, penyakit paru dan penyakit ginjal. Kemudian asma, kanker, penyakit hati, hamil, gangguan imun hingga TBC.

“Covid-19 ibarat malaikat pencabut nyawa bagi kelompok rentan karena korban jiwanya telah mencapai jutaan orang,” ujarnya.

Doni menyebut, orang yang meninggal karena Covid-19 di dunia sudah lebih dari 1,5 juta orang. Sementara di Indonesia telah mencapai 16.945 kasus kematian.

Ini menunjukkan, Covid-19 sangat berbahaya. Salah satu kunci mencegah Covid-19 menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. “Perlu ada kesepakatan bersama-sama untuk disiplin (menerapkan protokol kesehatan),” tuturnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *