Acara pembukaan Latihan Patroli Laut TW IV Tahun 2020 di Gedung Malahayati Lantamal XII, Jalan Komyos Sudarso No.1 Jeruju, Kota Pontianak, Selasa (8/12/2020). (Dispen Koarmada I)

Latihan Patroli Laut untuk Tingkatkan Kemampuan Personel

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Untuk meningkatkan kemampuan personel dalam bidang keamanan laut, perlu dilakukan kegiatan Latihan Patroli Laut yang diikuti para perwira, bintara dan tamtama. Tujuannya agar setiap personel punya pemahaman yang sama pada prosedur di dalam Patkamla, perundang-undangan terkait bidang keamanan laut dan proses penyelesaian hukum tindak pidana tertentu di laut.

Hal ini disampaikan Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman yang dibacakan oleh Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Syamsul Rizal, S.H.,M.M., dalam acara pembukaan Latihan Patroli Laut TW IV Tahun 2020 yang dilaksanakan di Gedung Malahayati Lantamal XII, Jalan Komyos Sudarso No.1 Jeruju, Kota Pontianak, Selasa (8/12/2020).

Kegiatan Latihan Patroli Laut akan dilaksanakan selama satu minggu sampai dengan 15 Desember 2020. Adapun materi latihan yang diaksanakan meliputi teori di kelas dan praktek lapangan. Untuk materi teori, peserta akan dibekali pengetahuan tentang Prosedur Jarkaplid, Pam Obyek Vital Nasional, Pam VVIP, Penanganan Tahanan, Evakuasi Medis, Kesyahbandaran, Perikanan, Keimigrasian, Kepabeanan, Karantina Kesehatan, Minerba, Tehnik Penyelidikan, dan Narkoba.

Selain itu juga dimasukkan mateti hukum Laut, Tindak Pidana Tertentu di Laut, Pemberkasan oleh Pangkalan, Pemberkasan oleh KRI, Intelijen Maritim dan VBSS. Sedangkan untuk praktek lapangan antara lain Praktek Jarkaplid, Praktek VBSS, Praktek Penanganan Tahanan dan Praktek Evakuasi Medis.

Para instruktur berasal dari Mako Lantamal XII sendiri dan instruktur dari satuan samping sesuai dengan Tupoksi yang terkait dengan materi latihan seperti dari KSOP, PSDKP Pontianak, Imigrasi Pontianak, Bea Cukai Pontianak, Karantina Kesehatan Pontianak, Dinas Pertambangan, Kejari Pontianak, dan BNNP Kalbar.