KRI Bung Tomo-357 (KRI TOM-357) tengah bersandar di dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Pusat, Selasa (2/3/2021). (Istimewa)

KRI Bung Tomo-357 Tiba di Tanah Air

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – KRI Bung Tomo-357 (KRI TOM-357) yang menjadi delegasi TNI Angkatan Laut pada Latihan Bersama Multinational Exercise AMAN-21 Karachi, Pakistan, tiba di Tanah Air, Selasa (2/3/2021). Kapal ini bersandar di dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Pusat.

Dalam latihan tersebut, KRI TOM-357 dipimpin Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Multinational Exercise AMAN-21, Kolonel Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro dan Komandan KRI Bung Tomo-357 Kolonel Laut (P) Rizky Prayudi. Kapal ini berangkat dari Jakarta pada akhir bulan Januari (29/1/21)

Selama satu bulan pelayaran, selain melaksakan Latihan Bersama Multinational Exercise AMAN-21 di Pakistan, KRI Bung Tomo-357 tercatat dua kali singgah yakni di Sri Lanka dan di Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan untuk melakukan bekal ulang. Selain Itu di sela-sela pelayaran pulang, KRI Bung Tomo-357 melaksanakan Latihan Bersama Passing Exercise (Passex) dengan Kapal Angkatan Laut India INS Talwar F40 dan gunnery exercise/latihan penembakan di Perairan Utara Pulau Rondo yang merupakan salah satu Perairan terluar yang berbatasan dengan negara lain.

“Tahun ini KRI Bung Tomo-357 menjadi delegasi Indonesia.  TNI AL mengerahkan 100 Personel termasuk 9 Orang Kadet AAL dalam event dua tahunan Multinational Exercise AMAN-21 / Latihan Bersama (Latma) Multinasional AMAN-21 ke-7 yang diselenggarakan oleh Angkatan Laut Pakistan,” ujar Panglima Komando Armada I Laksda TNI Abdul Rasyid Kacong melalui rilisnya, Selasa (2/3/2021).

Pangkoarmada I melanjutkan, latihan tersebut merupakan kebijakan strategis Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam penguatan diplomasi militer dan peningkatan kontribusi dalam memenangkan kepentingan nasional.

“Melalui latihan yang telah dilaksanakan diharapkan dapat berkontribusi terhadap perdamaian dan stabilitas regional, kesamaan pemikiran dalam melawan terorisme pada domain maritim, kolaborasi untuk menjaga stabilitas maritim yang aman dan berkelanjutan, serta yang terpenting meningkatkan interoperabilitas antara angkatan laut regional dan ekstra-regional,” imbuh Abdul Rasyid.

Multinational Exercise AMAN-21 merupakan latihan bersama yang diselenggarakan 2 tahun sekali oleh Angkatan Laut Pakistan yang fokus pada kerjasama antar angkatan laut, Maritime Interdiction Operation (MIO) dan Pembekalan di Laut. Multinational Exercise AMAN-21 sendiri merupakan latihan ketujuh, Tahun ini diikuti oleh 45 Negara peserta dan dilaksanakan pada 11-16 Februari 2021 lalu di Karachi, Pakistan.