Siswa SD YIMI FullDay School Gresik Jawa Timur saat mengikuti pembelajaran cara membuat roti

Antisipasi Kejenuhan Anak Didik SD YIMI FullDay School Gresik Gelar Environment Learning

Loading

GRESIK (Independensi.com) – Peserta didik SD YIMI FullDay School Gresik Jawa Timur, melakukan belajar langsung ke Family Bakery sebuah tempat pembuatan roti milik salah seorang pengusaha setempat.

Kegiatan tersebut, untuk memberikan inovasi edukasi disaat diberhentikannya belajar tatap muka dampak pandemi Covid-19 yang masih terjadi hinggi kini.

Pembelajaran yang diberinama environment learning ini, diikuti oleh seluruh pelajar kelas 2 yang dilakukan secara langsung oleh 3 siswa maupun lewat daring via Aplikasi Zoom.

Materi belajar yang diberikan, mulai dari proses awal pembuatan berbagai jenis roti dengan para pekerja Family Bakery. Hingga proses akhir cara memasukkan roti hasil buatan siswa kedalam mesin oven.

Tak hanya itu saja, para siswa yang mengikuti pembelajaran dilokasi dan yang mengikuti via zoom juga diajurkan untuk aktif bertanya agar proses yang dilakukan bisa sesuai dengan standar pembuatan roti.

Salah satu anak didik SD YIMI FullDay School Gresik, Alya Habibah Azzahra mengaku senang bisa mengikuti pembelajaran membuat roti. “Senang bisa ikut membuat roti mulai dari awal hingga bisa dimakan,” ucapnya kepada Independensi.com, Kamis (4/2).

Meski tampak riang gembira, namun ia merasa kangen dengan belajar bersama disekolah dengan teman-temannya seperti sebelumnya. “Saya ingin bisa belajar lagi bersama teman-teman kayak dulu, enak ramai,” tuturnya.

Sementara, Arofah meilia andrianti, salah satu guru pembimbing SD YIMI FullDay School Gresik mengatakan, meski ditengah pandemi covid 19, proses belajar mengajar di sekolah tidak terhenti total.

“Agar anak-anak tidak jenuh saat belajar tanpa muka yang tengah diberlakukan saat ini, kami mencarikan inovasi agar siswa tetap senang dan semangat dalam belajar via daring ini,” ungkapnya.

“Seperti yang dilakukan saat ini, dengan mengunjungi lokasi usaha roti, untuk melatih siswa agar memahami dilapangan secara langsung, tidak hanya secara materi,” ujarnya.

Kegiatan seperti ini, bagi SD YIMI Gresik sudah menjadi kebiasaan atau tradisi sehingga akan terus dilakukan meski ditengah pandemi covid 19.

“Dalam kegiatan ini, seluruh siswa tetap dilibatkan untuk mengikuti pelajaran di lokasi, yang disiarkan secara langsung melalui aplikasi zoom,” tukasnya.

“Kami berharap dengan kegiatan environmental learning ini, bisa menciptakan siswa menjadi pengusaha,” tandasnya. (Mor)