Proses pembangunan laboratorium PCR di Rumkitban Denkesyah Merauke, Papua. (Ist/Penrem 174 Merauke)

Laboratorium PCR di Rumkitban Denkesyah Merauke Dalam Pembangunan

JAKARTA (Independensi.com) – Danrem 174/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko langsung melakukan perencanaan dan koordinasi secara maraton untuk pembangunan Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Portable Container di Rumah Sakit Bantuan TK. IV (Rumkitban TK. IV) Detasemen Kesehatan Wilayah Merauke, Papua, Selasa (2/2/2021).

Hal tersebut berkenaan usai melaksanakan Video Conference dengan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa beberapa hari yang lalu tentang pembangunan laboratorium tersebut. Adapun fasilitas kesehatan ini merupakan bantuan langsung dari Kasad.

“Dengan adanya laboratorium ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam penanggulangan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Merauke,” ujar Bagus Nawoko yang dikutip dari rilis Penrem 174 Merauke, (4/2/2021).

Danrem mengatakan, pembangunan Laboratorium PCR Portable Container  tersebut bertujuan  untuk mendiagnosa Covid-19 dengan mendeteksi material genetik Virus Corona terhadap pasien yang diduga terinfeksi virus tersebut.

Selain itu, Danrem  juga meninjau langsung pembangunan sumur bor, perbaikan talut dan jembatan serta  peningkatan daya listrik, guna mendukung dalam operasional Laboratorium PCR secara maksimal.