Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat meresmikan Pusat Jantung, Vaskular dan Otak Terpadu di RSUD dr Chasbullah Abdulmajid milik Pemkot Bekasi. (humas)

RSUD Kota Bekasi Miliki Pusat Jantung, Vaskular dan Otak Terpadu

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Layanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Chasbullah Abdulmajid Kota Bekasi, Jawa Barat, bertambah. Kini,
layanan baru Heart, Vascular and Brain Centre atau Pusat Jantung, Vaskular dan Otak Terpadu, telah tersedia.

Layanan baru itu, diresmikan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Selasa K9/3/2021). Peresmian dilakukan dalam rangka HUT ke 24 tahun  Kota Bekasi  yang perayaannya  tanggal 10 Maret 2022.

Peresmian Pusat Jantung, Vaskular dan Otak Terpadu itu, diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih paripurna terhadap masyarakat. Dan diharapkan kedepan dapat menjadi pusat rujukan regional untuk tatalaksana pada penyakit Jantung, Vaskular dan Otak.

Wali Kota juga  meresmikan laboratorium kateterisasi yang  berfungsi sebagai ruang tindakan Intervensi Jantung pada anak dan dewasa seperti intervensi non bedah pada Penyakit Jantung Bawaan – PJB, diantaranya penutupan kebocoran jantung bawaan pada Atrial Septal Defect (ASD), Ventricular Septal Defect (VSD), Patent Ductus Arteriosus (PDA), serta penegakan diagnosis pada kasus PJB lainnya.

Demikian juga tindakan intervensi pemasangan ring pada kasus Penyakit Jantung Koroner (PJK), baik yang terjadi mendadak akibat serangan jantung koroner maupun yang kronis.

Tindakan intervensi pada Penyakit Vaskular juga telah dilakukan, seperti tindakan angioplasti dan trombektomi pada gangguan aliran darah di ekstremitas. Saat ini sedang dikembangkan juga tindakan diagnosis dan intervensi neurologi diantaranya tindakan Digital Subtration Angiografi (DSA), dan akan dikembangkan tindakan intervensi neurologi lainnya.

RSUD mikik Pemkot Bekasi ini  telah memberikan pelayanan tindakan diagnosis dan intervensi di Instalasi Laboratorium Kateterisasi lebih dari 2500 pasien, baik anak-anak maupun dewasa.

Direktur RSUD dr  Kusnanto Saidi MARS menjelaskan secara singkat tindakan DSA yang tengah dilakukan oleh dr Tranggono Yudo Utomo di laboratorium kateterisasi yang terhubung secara langsung dengan layar monitor saat peresmian berlangsung.

Wali Kota Bekasi juga ikut berbincang secara live melalui monitor dengan dr Tranggono Yudo yang telah menyelesaikan tindakan DSA pada pasien.

Pusat Jantung, Vaskular dan Otak Terpadu
RSUD ini didukung tenaga dokter-dokter spesialis diantaranya dari :
1. Divisi KardioVaskular :
dr. Fachmi Ahmad Muslim, SpJP (K), FIHA
dr. Kabul Priyantoro, SpJP (K), FIHA
dr. Bambang Purtjahyo, SpJP, FIHA
dr. Nurul Rahayu Ningrum, SpJP, FIHA, FESC
2. Divisi Pediatrik Intervensi dan Penyakit  Jantung Bawaan :
dr. Tri Yanti Rahayuningsih, Sp.A (K)
3. Divisi Bedah Vaskular :
dr. Indra Raymond, Sp.B(K)V
4. Divisi Neurologi Intervensi :
dr. Tranggono Yudo Utomo, Sp.S., M.Si.Med., FINA

Pengembangan pelayanan kedepan juga akan menambah pelayanan Bedah Jantung untuk kasus PJK, Penyakit Katup dan PJB yang memerlukan tindakan pembedahan.

Saat itu juga dilakukan peresmian Pembangunan Masjid Rahmatusyifa. Masjid  dibangun dua lantai.  Lantai satu adalah pusat kajian agama islam, dan lantai dua sebagai masjid yang menyambungkan akses  Gedung A, Gedung perkantoran, dan Gedung D.  (jonder sihotang)