Jokowi Berharap Bali Bisa Segera Bangkit

Loading

BALI (IndependensI.com) –  Provinsi Bali menjadi yang terparah terdampak pandemic Covid 19. Sebabnya tak lain karena Pulau Dewata ini mengandalkan roda ekonomi mereka dari sektor pariwisata, yang selama ini mati suri dihajar virus Corona. Untuk itu berbagai upaya dari pemerintah dilakukan agar Bali kembali bangkit, salah satunya mendapat prioritas vaksinasi bagi pelaku pariwisata di Provinsi ini.

Presiden Joko Widodo langsung meninjau proses vaksinasi massal para pelaku industri pariwisata, pimpinan umat beragama, perwakilan budayawan, perwakilan pemuda, dan masyarakat umum setempat, Puri Saren Agung, Kabupaten Gianyar.

Pada kesempatan itu Jokowi dengan adanya pemberian vaksinasi diharapkan penyebaran Covidnya akan semakin menurun, sehingga perputaran ekonomi di Bali akan berjalan kembali.

“Kita berharap Bali bisa segera bangkit apabila proses vaksinasi ini berjalan terus setiap hari,” kata Jokowi saat melakukan peninjauan di Puri Saren Agung, Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa (16/3/2021).

Dia mengatakan apabila terlihat penyebaran Covid sudah melandai dan menurun, tahapan selanjutnya pihak Pemerintah Daerah akan mendesain. Sehingga bisa memulai satu persatu sektor pariwisata di Bali.

“Apabila nanti sudah kelihatan penyebaran Covidnya landai, menurun kemudian hilang dengan tahapan yang nanti didesain baik provinsi maupun kabupaten kota, maupun nanti dari pusat kita akan memulai satu persatu pembukaan di ekonomi khususnya sektor pariwisata di Provinsi Bali agar kembali posisi normal,” ungkapnya.

Walaupun begitu, Jokowi mengatakan, hal tersebut membutuhkan tahapan-tahapan. Sehingga hingga saat ini dia meminta agar semua tetap pada kondisi waspada.

“Tetapi saat ini kita berbicara apa adanya masih memerlukan tahapan-tahapan menuju sebuah situasi yang normal. Kita harapkan semuanya masih pada posisi waspada,” ujarnya.

Jokowi juga berharap dengan semakin banyak masyarakat Bali yang melakukan vaksin akan mencapai heard immunity. Sehingga corona bisa hilang dari bumi.

“Kita harapkan dengan semakin banyaknya masyarakat yang telah divaksinasi nanti akan terjadi heard immunity yang kita harapkan setelah terbentuk kekebalan komunal lanjut penyebaran Covid bisa kita hambat, bisa kita kurangi bahkan bisa kita hilangkan,” ungkapnya.

Sementara itu dia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah di Bali yang terus mengingatkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Sehingga kata Jokowi penyebaran virus akan berkurang.

“Selalu menjaga protokol kesehatan secara ketat sehingga betul-betul laju penyebaran covid ini bisa berkurang di provinsi Bali,” tutupnya.