Terima Kunjungan Dubes Jepang, Menkominfo Bahas Kerja Sama TIK dan Digital

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kasanumi Kenji. Pertemuan yang berlangsung sekitar 30 menit itu membahas kerja sama di bidang teknologi informasi dan komunikasi serta digitalisasi.

Menurut Menteri Johnny, kunjungan kehormatan Dubes Jepang untuk Indonesia ke Kementerian Kominfo, dilakukan setelah menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo pada 4 Februari 2021 lalu.

“Hari ini Duta Besar Jepang yang baru untuk Indonesia setelah menyerahkan Prudential-nya di Presiden, melakukan roadshow atau tour di kementerian dan lembaga termasuk Kementerian Kominfo,” ujarnya usai bertemu dengan Dubes Jepang Kasanumi Kenci, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (23/03/2021).

Dalam pertemuan tersebut, Menkominfo Johnny G. Plate dan Dubes Jepang Kasanumi Kenji mendiskusikan rencana kerja sama antarkedua negara di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

“Kami banyak berdiskusi terkait dengan kerja sama Indonesia dan Jepang di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK),” jelasnya.

Menurut Menkominfo, beberapa hasil diskusi untuk kerja sama Indonesia dan Jepang menekankan pada pemanfaatan pembangunan infrastruktur TIK dan ruang digital.

“Termasuk didalamnya kerja sama di bidang digital ekonomi, digital broadcasting dan berbagai program-program lainnya,” tandasnya.

Dalam pertemuan itu, Menteri Johnny menegaskan pemerintah melalui Kementerian Kominfo berkomitmen untuk terus membangun infrastruktur TIK di seluruh Indonesia, dan upaya menjaga ruang digital yang sehat dan bermanfaat.

Oleh karena itu, kunjungan kehormatan Dubes Jepang juga sekaligus saling memberikan dukungan dalam pemanfaatan ekosistem digital. “Dalam rangka untuk saling mendukung peningkatan pemanfaatan ruang digital yang lebih sehat dan lebih bermanfaat,” imbuhnya.

Dubes Jepang Kasanumi Kenji menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Indonesia, khususnya Menkominfo Johnny G. Plate, yang telah menerima Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia membahas mengenai kerja sama antarkedua negara.

“Kami senang berdiskusi tentang kerja sama ini bersama Pak Menteri Kominfo,” ungkapnya.

Terima Dubes Berbagai Negara

Sejak dilantik, Menkominfo Johnny G. Plate telah menerima kunjungan kehormatan sejumlah Duta Besar negara-negara besar untuk Indonesia. Menteri Johnny menekankan  komitmen Pemerintah untuk terus membangun hubungan kerja sama yang baik dengan negara sahabat.

Adapun kunjungan kehormatan beberapa Duta Besar untuk Indonesia antara lain Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan, pada 19 November 2019, Duta Besar Kolombia Juan Camilo Valencia Gonzales 13 Januari 2020, Duta Besar Inggris H.E. Owen Jenkins 16 Januari 2020.

Kemudian, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) Negara Qatar untuk Republik Indonesia, Yang Mulia Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti pada 15 Juli 2020.

Sedangkan Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard melakukan tiga kali kunjungan kehormatan yakni pada tanggal 17 Juli 2020, 16 Desember 2020 dan 25 Februari 2021, Dubes Jepang Kasanumi Kenji, serta kunjungan kehormatan Duta Besar dan pejabat negara sahabat lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Johnny G. Plate didampingi Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementerian Kominfo, Ismail. (Chs)