Proses pembuatan kolam singgah Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

UI Berdayakan Nelayan dengan Kolam Singgah

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universtas Indonesia (FMIPA UI) kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat kali ini terfokus untuk masyarakat nelayan di Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

Pemberdayaan yang diberikan yaitu pengembangan inovasi Kolam Singgah yang diketuai oleh Dosen Biologi FMIPA UI Dr Abinawanto, MSi, dan dibantu oleh tiga orang dosen, tiga orang mahasiswa, dan tim dari Yayasan Pandu Cendekia (YPC) dengan dukungan penuh dari Direktoran Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UI (DPPM UI).

Kolam singgah merupakan sebuah tempat pengumpulan sementara hasil tangkapan ikan untuk ditampung ketika harga jatuh, dan apabila mencapai harga normal kembali maka bisa dipasarkan kembali. Selain itu, kolam singgah dapat berfungsi untuk mengembangkan hasil tangkapan nelayan hingga mencapai berat yang layak untuk dipasarkan.

Abinawanto menjelaskan bahwa program kolam singgah telah menghasilkan beberapa variasi di antaranya berbentuk bangunan (8x10m2), berbentuk kolam penampungan di tepi Citrarum, dan yang berbentuk keramba yang berkisar 2x4x1,5 m3 di kawasan berbatas waring pantai berlumpur. Kolam singgah ini mampu menampung beberapa komoditas seperti ikan, udang, kepiting, dan kerang.

Ahmad Qutubi, Sekretaris Desa Pantai Bahagia memaparkan bahwa pada tahap awal pembangunan ini menambah optimism dan semangat produktif keluarga nelayan. Tahap berikutnya dengan kerjasama yang berkelanjutan akan menumbuhkan kreatifitas dan inovasi sehingga masyarakat nelayan dapat memiliki pendapatan yang lebih layak.

Program Kolam Singgah ini melibatkan seluruh komponen masyarakat dari mulai aparatur Desa Pantai Bahagia, masyarakat Desa Panta Bahagia, dan komunitas nelayan sekitar. Dengan adanya program ini, harapannya dapat berdampak positif bagi penduduk Desa Pantai Bahagia yang terdapat sekitar 2.000 KK.